Home / Kesehatan / News

Kamis, 6 April 2023 - 12:36 WIB

Menguak Asal Usul Minyak Bintang yang Dipakai Ibu Ida Dayak Melakukan Pengobatan, Segini Harganya

Ibu Ida Dayak yang sedang melakukan pengobatan dengan cara tradisional. (Foto : Istimewa)

Ibu Ida Dayak yang sedang melakukan pengobatan dengan cara tradisional. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, wasaka.id – Menguak asal usul minyak bintang yang dipakai Ibu Ida Dayak dalam hal melakukan pengobatan memang menarik. Beberapa waktu terakhir warganet digegerkan dengan pengobatan tradisional yang unik.

Menguak asal usul minyak bintang yang dipakai Ibu Ida Dayak ternyata memiliki harga Rp 50 ribu, minyak tradisional asli Dayak yang digunakan untuk melakukan pengobatan. Melansir dari laman resmi Kemendikbud pada Kamis (6/4/2023), minyak ini termasuk warisan budaya yang sudah ada sejak zaman dulu.

Konon, minyak bintang muncul dari sebuah ilmu magis yang berkembang di masyarakat Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur. Mulanya orang mempelajari ilmu minyak bintang untuk dapat bertahan dan menyerang musuh pada masa perang.

Kepercayaan yang beredar di masyarakat, minyak bintang memiliki keistimewaan dengan dapat menghidupkan pemiliknya yang mati terbunuh. Yakni, bila bintang-bintang di langit sudah nampak, maka pemilik ilmu ini dapat hidup kembali.

Minyak sakti ini pada zaman dulu memiliki fungsi sosial sebagai penambah semangat untuk membela sukunya masing-masing dalam perang suku. Minyak bintang bisa didapatkan dengan cara dibeli (temaai) sebesar lima sampai sepuluh antang.

Kala itu, harga tersebut termasuk harga yang sangat besar. Maka tak heran jika jumlah orang yang mampu memiliki ilmu ini sangat sedikit.

Cara pakainya pun dengan minum beberapa tetes pada malam hari, itu diyakini akan dapat bertahan seumur hidup. Sayangnya minyak bintang ini hanya bermanfaat bagi pemilik ilmu tetapi tidak dapat menolong orang lain.

Berbeda dengan zaman dulu, kini minyak bintang sangat mudah didapatkan. Minyak ini terbuat dari beragam jenis akar, seperti ginseng hutan, akar paku atei, akar supa, sere hingga batang sendiri.

Sebagai informasi pengobatan yang dilakukan seorang wanita bernama Ida tersebut mencuri perhatian sebab, diyakini pasien yang datang sembuh setelah diobati. Para pasien yang berobat umumnya menderita stroke, tuna wicara, hingga patah tulang.

Cara pengobatannya pun terbilang unik, dengan mengenakan baju adat suku Dayak dan membawa minyak, ibu Ida sukses menyembuhkan pasiennya.

Saking ramainya diperbincangkan, pengobatan tradisional yang dilakukan di GOR Divif 1 Kostrad, Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Depok ini sempat dikunjungi mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.(mey)

Sumber : Okezone

Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Meriahkan Barito Bersholawat dan Launching Buku Bersama Habib Syech
Pemberian penghargaan kepada Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar atas capaian dan dukungan anggaran insentif bagi tenaga kesehatan di wilayah terpencil dan sangat terpencil. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati Kotabaru Terima Penghargaan dari Gubernur Kalsel

News

Usai Pilih Gibran Sebagai Cawapres Prabowo Minta Waktu Bertemu Megawati
Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto : Istimewa)

Berita Terkini

Ciptakan Pemilu Damai, Kapolri Tekankan Persatuan dan Kesatuan

Advertorial

Sekwan Balangan Bekali Ilmu Publik Speaking kepada Kader PKK Kecamatan dan Desa
Kelompok remaja yang diamankan Polresta Banjarmasin usai kedapatan pesta miras oplosan di Jalan Dharma Praja Kecamatan Banjarmasin Timur. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Pesta Miras Oplosan, Kelompok Remaja Digiring ke Mapolresta Banjarmasin
Haul Jama keluarga besar H Abdussamad Sulaiman HB yang dihadiri para habaib, alim ulama dan masyarakat. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Keluarga Besar H Abdussamad Sulaiman HB Gelar Haul Jama Rutin Tiap Tahun Awal Ramadan

Banjarmasin

Hasnuryadi Sulaiman Bersama Kemenparekraf RI, Gelar Bimtek Terkait Konten Memajukan Pariwisata Daerah