Home / Bola & Sports / News

Rabu, 28 Desember 2022 - 11:02 WIB

Timnas Indoensia Berpeluang Besar Masuk ke Semi Final Piala AFF Meskipun Kalah dengan Thailand dan Filipina, Begini “Skenarionya”

Timnas Indonesia bersiap menghadapai Thailand pada lanjuta Pila AFF 2022, Garuda berpeluang lolo ke semi final meskipun kalah. (Foto : PSSI/net)

Timnas Indonesia bersiap menghadapai Thailand pada lanjuta Pila AFF 2022, Garuda berpeluang lolo ke semi final meskipun kalah. (Foto : PSSI/net)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2022 berpeluang lolos menembus semi final meskipun tak kalah dengan Thailand dan Filipina. Namun kekalahan bukanlah yang diharapkan bagi pecinta sepekbola tanah air.

Timnas Indonesia saat ini berada di posisi dua Grup A Piala AFF 2022 dengan koleksi enam angka, hasil dari dua pertandingan. Koleksi poin itu sama persis dengan Thailand di puncak klasemen yang juga telah menjalani dua pertandingan.

Baca Juga : Pesta Gol ke Gawang Brunei, Timnas Indonesia Melesat ke Puncak Klasemen Sementara Piala AFF 2022

Timnas Thailand yang berjuluk Gajah Perang berada di posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol ketimbang Timnas Indonesia, yakni +9 berbanding +8. Kemudian, berturut-turut di posisi tiga ada Kamboja dengan tiga poin dari dua pertandingan, Filipina (tiga poin, tiga pertandingan) dan Brunei (nol poin, tiga pertanndingan).

Baca Juga : Piala AFF 2022: Indonesia Bekuk Kamboja

Sesuai jadwal, Timnas Indonesia masih akan menjamu Thailand pada Kamis, 29 Desember 2022 dan bertandang ke markas Filipina pada Senin, 2 Januari 2023. Seperti yang sudah diutarakan di atas, Timnas Indonesia tetap lolos ke semifinal Piala AFF 2022 meskipun kalah dari Thailand dan Filipina.

Namun, ada sejumlah syarat yang melatarbelakangi. Pertama, Timnas Indonesia tidak boleh kalah telak dari Thailand dan Filipina. Ambil contoh dalam laga tersebut, Timnas Indonesia kalah tipis 0-1 dari Thailand dan Filipina.

Jika kondisi itu terjadi, Timnas Indonesia menutup fase grup dengan koleksi enam angka dan selisih gol +6. Sementara itu, Filipina menyelesaikan fase grup dengan raihan enam angka dan selisih gol 0.

Berhubung selisih gol menjadi tolok ukur utama ketika ada dua tim atau lebih memiliki poin sama, posisi Timnas Indonesia otomatis masih lebih tinggi ketimbang The Azkals –julukan Filipina.

Sekarang, bagaimana dengan Kamboja, tim yang juga masih berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF 2022? Kamboja dijadwalkan bertemu Brunei Darussalam pada Kamis, 29 Desember 2022.

Di atas kertas, Pasukan Angkor bakal menang atas Brunei. Kemenangan dengan skor telak berpotensi disabet skuad asuhan Ryu Hirose tersebut. Semisal menang 5-0 atas Brunei, koleksi poin Kamboja menembus enam poin dan selisih gol +5.

Baca Juga : Poin Penting Barito Putera Bangkit dari Zona Degradasi

Sejauh ini, Timnas Indonesia masih lebih baik ketimbang Kamboja. Meski sama-sama mempunyai poin enam, Timnas Indonesia unggul selisih gol atas Kamboja. Setelah itu, harapannya Kamboja tumbang di tangan Thailand dalam laga yang berlangsung pada Senin, 2 Januari 2023.

Jika Kamboja tumbang dari Thailand, Timnas Indonesia otomatis mengungguli Kamboja dan Filipina dalam hal selisih gol. Namun, catatan di atas hanyalah skenario buruk.

Timnas Indonesia bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022 lewat cara yang elegan, yakni menang atas Thailand dan Filipina. Jika kemenangan disabet di dua partai sisa, Timnas Indonesia resmi lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai juara grup.(nas)

Sumber : okezone

Share :

Baca Juga

Barito Putera

Barito Putera Tekuk Persis Solo 2-0

News

Perhatikan Nasib Petani, Prabowo Disebut Sebagai Capres Potensial

News

Dewan Pers Ajak Insan Pers Wujudkan Pemilu Damai

Banjarbaru

Muhammad Fansyuri Pimpin Pengurus Pemuda Pancasila Banjarbaru
Penyerahan penghargaan Green Leadership Utama oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin (kanan) kepada Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) pada ajang Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah, Rabu (20/12).

Advertorial

Dua Tahun Berturut-turut Darmawan Prasodjo Raih Green Leadership Utama Award, PLN Pecah Rekor Borong 20 Proper Emas KLHK 2023

Bola & Sports

Menpora Titipkan Salam ke Gubernur Kalsel dan Mendukung Pelaksanaan Uncle Enduro
Rapat panitia persiapan jelang pelaksanaan Barito Putera Bersholawat di Aula Sabilah Muhtadin. (Foto : Istimewa)

Banjarmasin

Barito Putera Bersholawat: Pengurus Sabilal Muhtadin Siapkan Fasilitas untuk Jemaah
Ahsani Fauzan, Ketua DPRD Kabupaten Balangan. (Foto : dok/wasaka.id)

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Minta Pihak Sekolah Awasi Anak Didik Agar Terhindar dari Bahaya Narkoba