Home / Advertorial / Kotabaru

Kamis, 7 September 2023 - 11:13 WIB

MTQ Nasional Ke-53 Tingkat Kabupaten Kotabaru Resmi Ditutup, Sayed Jafar: Tingkatkan Hafalan dan Pemahaman Nilai Alqu’an

KOTABARU, wasaka.id – Bupati Kotabaru Sayed Jafar resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-53 tingkat Kabupaten Kotabaru. Pada kesempatan itu Bupati meminta kepada seluruh peserta agar terus meningkatkan hafalan dan nilai dalam kandungan Al-Qur’an.

Penutupan MTQ Nasional ke-53 tingkat Kabupaten Kotabaru yang berlangsung di lapangan Siring Laut Kotabaru malam itu berlangsung meriah dan dihadiri ribuan masyarakat Kotabaru, Rabu malam (06/9).

Kelaur sebagai juara umum pada pelaksanaan MTQ Nasional ke-53 tingkat Kabupaten Kotabaru yakni Kecamatan Pulaulaut Utara. MTQ yang diselenggarakan dari tanggal 01 september sampai dengan 06 september 2023 ini diikuti 22 kafilah dari seluruh kecamatan se Kabupaten Kotabaru.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar menyampaikan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan dapat meningkatkan kecintaan dan wawasan terhadap Alqur’an.

“Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional ke-53 tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2023, merupakan salah satu upaya memacu pengembangan tilawah, kemampuan anak didik, hafalan serta pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci Al-qur’an,” ungkap Bupati.

Baca Juga : Ketua Pengadilan Banjarmasin Berkunjung ke Kotabaru, Sayed Jafar: Masukan untuk Pembangunan Daerah

Sayed Jafar juga berharap, setelah terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi penambahan wawasan serta penghayatan dan cinta terhadap Al-qur’an yang merupakan tuntunan bagi kehidupan selaku umat muslim untuk itu, perlu perhatian penuh keterlibatan lapisan masyarakat.

Orang nomor satu di Bumi Saijaan ini juga mengucapkan, selamat kepada para peserta terbaik. Dan jangan berkecil hati bagi yang belum meraih juara terus lah asah keterampilan kalian.

“Kepada para kafilah yang meraih juara saya sampaikan ucapan selamat atas keberhasilan yang dicapai, pesan saya teruslah berlatih lebih semangat lagi tingkatkan kualitas dalam pemahaman agama,” ujar Sayed Jafar.

Baca Juga : Wakil Bupati Kotabaru Buka MTQ ke 53 Tingkat Kabupaten

Selain itu ujar Sayed Jafar para peserta juga dapat meningkatkan keimanan dan nilai-nilai kecintaan terhadap Al-qur’an dan membuktikan juga bahwa para pemenang dari Kabupaten Kotabaru layak untuk menang di Tingkat Provinsi bahkan Nasional.

“Bagi yang belum berhasil meraih juara jangan pernah menyerah dan jangan patah semangat. Terus kembangkan potensi diri kalian agar bisa meraih juara pada gelaran MTQ selanjutnya,” sebut Bupati Kotabaru.

Malam penutupan MTQ Nasional ke-53 ini Bupati Kotabaru juga menyampaikan untuk pelaksanaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Kotabaru pada tahun yang akan datang berlangsung di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar.

Ketua Umum LPTQ Kotabaru H Said Akhmad mengungkapkan, para pemenang dari MTQ ke-53 ini akan mewakili Kabupaten Kotabaru pada Penyelenggaraan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga diharapkan kepada LPTQ Kotabaru untuk terus memberikan pembinaan.

“Mudah-mudahan dari para pemenang yang meraih nilai terbaik merupakan perwakilan dari Kotabaru untuk mewakili kita di Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang nanti akan dilaksanakan di Kabupaten Tapin,” ujar Said Akhmad.

Baca Juga : Meriahkan MTQ, Wakil Bupati Kotabaru Lepas Pawai Ta’aruf Sekaligus Kukuhkan 80 Dewan Hakim

Sehingga diharapkan kepada para pemenang menyiapkan diri dengan LPTQ Kotabaru untuk terus memberikan pembinaan untuk menyiapkan para pemenang yang nanti akan mewakili kita Kabupaten Kotabaru ke tingkat Provinsi.

Di tempat yang sama, Kepala Kementrian Agama Kotabaru Ahmad Kamal menjelaskan, pelaksanaan MTQ ini memberikan spirit dan membangun mental yang religius untuk generasi kita di Kabupaten Kotabaru.

“Dari pelaksanaan MTQ ini memberikan spirit untuk selalu dekat dengan Al-qur’an, menumbuhkan syafaat kepada kita,” bebernya.

Selain itu, Kepala Kementrian Agama Kotabaru juga mengucapkan terima kasih Kepada Bupati Kotabaru yang selalu mensuport pelaksanaan kegiatan keagamaan di Kabupaten Kotabaru.

“Mengucapkan terima kasih kepada orang tua, guru agama, yang selalu mendidik dan membina mengajarkan generasi kita. Dan tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar yang selalu mensuport dan mendukung kegiatan keagamaan di Kabupaten Kotabaru yang terus memberikan perhatian kepada guru-guru agama. Selain itu juga, membangunkan Kantor Urusan Agama di Kecamatan Pulau Laut Sigam,” bebernya.

Dimalam penutupan ini koordinator Dewan Hakim membacakan keputusan tentang penetapan peserta terbaik I,II,III serta Harapan I dan II dengan cabang tilawah, tartil qur’an,qir’at sab’ah, tahfizh, khath, fahmil qur’an, syahril qur’an.

Dimana diantaranya untuk tilawah golongan dewasa Qori terbaik I di raih M. Khairil Anwar dari Kecamatan Pulau Laut Barat sedangkan qari’ah terbaik I Rabiatul Adawiyah Kecamatan Pulau Laut Utara.

Untuk golongan remaja Qari terbaik I Akhmad Reza Kecamatan Pulau Laut Sigam, Qari’ah terbaik I Nur Khadijah Kecamatan Pulau Laut Utara.

Golongan Qira’at Sab’ah terbaik I Abdul Basir Kecamatan Pulau Laut Sigam, Qari’ah terbaik I Rina Mulyana Kecamatan Pulau Laut Utara.

Sedangkan untuk pawai ta’aruf terbaik I diraih Kecamatan Pulau Laut Utara.

Diketahui, pada pelaksanaan MTQ ke-53 ini, Juara Umum diraih Kecamatan Pulau Laut Utara dengam total 80 poin, disusul Kecamatan Kelumpang Hulu 36 poin, Kecamatan Pamukan Barat 36 poin, dan Kecamatan Pulau Laut Timur 20 poin.

Penyerahan piala dan hadiah kepada juara bagi para MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Kotabaru diserahkan langsung oleh Bupati Kotabaru, Wakil Bupati Kotabaru di dampingi Ketua Umum LPTQ dan Kakankemenag dan Forkopimda serta tamu Undangan.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemberian bonus berupa 6 tiket ibadah Umroh untuk para peserta MTQ terbaik, yang secara acak diundi diantaranya adalah Ana Khoiratul dan M. Ihsan cabang golongan hifzhil qur’an 1 juz atau 30 juz dan tilawah serta Mahmudi dari khatil qur’an cabang kontemporer, Harfuddin dari khatil qur’an cabang dekorasi sedangkan Dewan hakim juga diberikan 4 tiket Ibadah Umroh ke Tanah Suci Mekkah yang juga di undi secara acak karena dewan hakim ada 80 orang.

Dan yang beruntung dari dewan hakim yaitu, KH. Mukhyar Darmawi, Doris Handriono, Abdul Muhid, H. Fadlani.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Bupati Kotabaru Resmi Menutup Festival Gebyar Pesona Ramadhan Dihibur oleh EL Corona

Advertorial

Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Ketua DPRD Balangan: Semangat Bekerja dan Tegakan Hukum
Penandatangan Hibah Pembangunan Mess Pengadilan Negeri (PN) Kotabaru. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Pemkab Kotabaru Hibahkan Lahan Pembangunan Mess Pengadilan Negeri
Dinas Kesehatan Kotabaru melakukan fogging di Desa Sebelimbingan sebagai tindak lanjut peningkatan kasus Deman Berdarah. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Dinkes Kotabaru Cegah DBD Melalui Fogging di Desa Sebelimbingan
Penyerahan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Geronggang Kecamatan Kelumpang Tenga holeh pemerintah daerah Kotabaru. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati Kotabaru Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Desa Geronggang

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan Ingatkan Para Pemancing Agar Mengutamakan Keselamatan

Advertorial

DPRD Balangan Imbau Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Advertorial

Tata Kelola Keuangan Semakin Baik, PLN Raih Penghargaan Debitur Terbaik dari Kemenkeu RI Dua Tahun Berturut-turut