Home / News

Rabu, 26 Juli 2023 - 10:41 WIB

Panas Bumi Makin Ekstrem, Berapa Suhu Maksimum yang Bisa Ditahan Tubuh Manusia?

Foto ilustrasi (ISTOCK)

Foto ilustrasi (ISTOCK)

SUHU di berbagai belahan dunia semakin tinggi. Bahkan di China beberapa waktu lalu, suhu mencapai 52,2 derajat Celcius. Meningkatnya suhu menimbulkan pertanyaan baru: sebenarnya berapa suhu maksimum yang dapat ditahan tubuh manusia?

Studi sebelumnya meyakini, manusia bisa menahan panas hingga 35 derajat Celcius suhu bola basah. Suhu bola basah adalah suhu yang dibaca oleh termometer dengan sumbu basah di atas bola lampu dan dipengaruhi oleh kelembaban dan pergerakan udara. Namun, penelitian dari Penn State University mematahkan studi tersebut.

Menurut para peneliti, sementara penelitian sebelumnya berteori bahwa suhu bola basah 35 derajat Celcius, suhu tersebut adalah batas atas kemampuan beradaptasi manusia. Suhu itu didasarkan pada teori dan pemodelan dan bukan data dunia nyata dari manusia.

Metode Penelitian

Untuk penelitian ini, para peneliti merekrut 24 peserta antara usia 18 dan 34 tahun. Sementara para peneliti berencana untuk melakukan percobaan ini pada orang dewasa yang lebih tua, mereka ingin memulai dengan orang yang lebih muda.

“Orang muda, bugar, dan sehat cenderung mentolerir panas dengan lebih baik, sehingga mereka akan memiliki batas suhu yang dapat berfungsi sebagai dasar ‘kasus terbaik’,” kata Kenney.

“Orang tua, orang yang sedang dalam pengobatan, dan populasi rentan lainnya kemungkinan besar akan memiliki batas toleransi di bawah itu,” sambungnya.

Sebelum percobaan, setiap peserta menelan perangkat telemetri radio kecil yang terbungkus kapsul yang kemudian akan mengukur suhu inti mereka selama percobaan.

Kemudian, peserta memasuki ruang lingkungan khusus yang memiliki tingkat suhu dan kelembaban yang dapat disesuaikan. Sementara peserta melakukan aktivitas fisik ringan seperti bersepeda ringan atau berjalan perlahan di atas treadmill, suhu bilik meningkat secara bertahap.

Manusia Bisa Bertahan Sampai Suhu 31 Derajat Celcius

Setelah menganalisis data mereka, para peneliti menemukan bahwa suhu bola basah kritis berkisar antara 25 derajat Celcius hingga 28 derajat Celcius. Sementara di lingkungan panas-kering dan dari 30 derajat Celcius hingga 31 derajat Celcius.

“Hasil kami menunjukkan bahwa di bagian dunia yang lembab, kita harus mulai khawatir, bahkan terhadap orang muda yang sehat – ketika suhu bola basah di atas 31 derajat,” kata Kenney.

“Saat kami melanjutkan penelitian kami, kami akan mengeksplorasi berapa angka itu pada orang dewasa yang lebih tua, karena mungkin akan lebih rendah dari itu,” sambungnya.

Di akhir, peneliti menambahkan bahwa karena manusia beradaptasi terhadap panas secara berbeda tergantung pada tingkat kelembapan. Membuat kemungkinan tidak ada satupun batas batas yang dapat ditetapkan sebagai “maksimum” yang dapat ditanggung manusia.(mey/ sumber : detik.com)

Share :

Baca Juga

News

Satpol PP dan Pengamen Jalanan Masih “Kucing-kucingan”
Bupati Kotabaru, Sayed Jafar meresmikan mobil uji KIR Dishub. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati Kotabaru Resmikan Mobil Uji Kir Dishub Guna Beri Pelayanan kepada Masyarakat
Timnas Indonesia kembali akan menghadapi Timnas Libya dalam misi balas dendam nanti malam. (Foto : Istimewa)

Berita Terkini

Misi Timnas Indonesia Balas Kekalahan Atas Libya

News

Cermati Hasil DCS, KPU Kalsel Persilakan Masyarakat Beri Tanggapan

News

Gunakan Pakaian Tema Pejuang, Ketua DPRD Kalsel Ikuti Kirap Kemerdekaan

Banjarmasin

Acil Odah Pastikan Diri Maju di Pilgub Kalsel 2024, Lamar Golkar Sebagai Kendaraan Politik

Advertorial

PLN Ajukan 3 Triliun PMN 2025 Untuk Bangun Kelistrikan Daerah Terpencil

Bola & Sports

Hadapi Turkmenistan, Shin Tae-yong Siap Cetak Sejarah Bersama Timnas Indonesia