Home / Advertorial / PLN UIP3B KALIMANTAN

Sabtu, 16 September 2023 - 18:17 WIB

PLN Goes to Campus, Sosialisasikan Kesehatan, Keselamatan Kerja ke Politeknik Negeri Banjarmasin

General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro mengisi kuliah umum di Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). (Foto : Istimewa)

General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro mengisi kuliah umum di Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – General Manager PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Kalimantan (UIP3B Kal), Abdul Salam Nganro mengisi kuliah umum dengan tema “Implementasi Sistem Manajemen K3 di PLN UIP3B Kalimantan” di Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Kamis (14/09/2023).

Dalam pembukaannya, Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin Joni Riadi, S.ST., MT., menyampaikan ucapan terima kasih atas inisiatif PLN memberikan edukasi kepada masyarakat terkait K3, termasuk kepada mahasiswa dan pengajar di kampusnya.

‘’Listrik adalah faktor yang sangat penting dalam keseharian kita. Di kampus ini sendiri, hampir seluruh kegiatan belajar mengajar dan kegiatan laboratorium menggunakan perangkat listrik skala kecil hingga besar. Maka edukasi K3 sangatlah penting untuk kita ketahui bersama,’’ lanjutnya.

Puluhan peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa hadir mengikuti sosialisasi implementasi penerapan K3 yang disampaikan langsung oleh GM PLN UIP3B Kalimantan.

Baca Juga : Kurangi Emisi Karbon, PLN Jajaki Penerapan Teknologi CCS Pada Pembangkit

Dalam pemaparannya, Salam menjelaskan pentingnya penerapan K3 untuk mahasiswa yang nantinya akan bergabung di dunia industri apalagi yang berkaitan dengan industri kelistrikan.

“K3 itu penting karena merupakan kebutuhan dan hak setiap pekerja, penerapan K3 yang baik dapat menciptakan tempat kerja yang sehat, aman dan produktif’, kata Salam.

Baca Juga : Listrik Kalteng Makin Andal, PLN Operasikan Gardu Induk dan Transmisi Baru di Kuala Kurun

Salam juga menjelaskan domino theory yang yang menjelaskan bahwa paling utama dalam K3 adalah kepedulian dari seorang pimpinan, kompetensi pekerja dan terakhir kondisi lingkungan.

“Pimpinan yang tidak peduli dengan k3 maka besar resiko terjadi kecelakaan kerja dikarenakan pemimpin yang tidak memberi contoh, tidak mempunyai kebijakan dan tidak membuat prosedur untuk melindungi pekerjanya”, tambah salam.

Di akhir sesinya, Salam juga mengajak para mahasiswa untuk berperan aktif dalam mewujudkan K3 maupun K2 kelistrikan dengan cara melaporkan kepada PLN jika melihat ada pohon yang sudah mendekati jaringan listrik.(bon)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Diskominfo Kotabaru Gelar Sosilaisasi Indeks Keamanan Informasi

Advertorial

55 Bacaleg Partai Golkar Kalsel Siap Rebut Kemenangan di Pileg 2024

Advertorial

Sekda Lepas Keberangkatan Kontingen Atlet Kotabaru Berlaga di Popda 2024

Advertorial

Berkas Pendaftaran Diterima KPU, Golkar Kalsel Optimis Raih 18 Kursi Legislatif

Advertorial

Ketua DPRD dan Bupati Balangan Tinjau Lokasi Kebakaran Dua Asrama Polisi

Advertorial

Pasha Ungu Hibur Pengunjung di Penutupan BSF ke-7

Advertorial

Puskesmas Kelumpang Selatan Diresmikan, Bupati Kotabaru: Tingkatkan Kinerja dengan Disiplin Tinggi

Advertorial

Bagikan Paket Sembako Doo to Door, Hj Sri Huriyati Anggota Komisi I DPRD Balangan Disambut Warga dengan Antusias