Home / Advertorial / PLN

Rabu, 6 September 2023 - 20:03 WIB

Listrik Kalteng Makin Andal, PLN Operasikan Gardu Induk dan Transmisi Baru di Kuala Kurun

Gardu Induk Kuala Kurun dilengkapi dengan trafo dengan daya sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA) dan 2 jalur (bay line) transmisi yang menghubungkan Kuala Kurun dan Kasongan.(Foto : Istimewa)

Gardu Induk Kuala Kurun dilengkapi dengan trafo dengan daya sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA) dan 2 jalur (bay line) transmisi yang menghubungkan Kuala Kurun dan Kasongan.(Foto : Istimewa)

KUALA KURUN, wasaka.id – Guna meningkatkan keandalan listrik di Kalimantan Tengah, PT PLN (Persero) Unit Pusat Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan berhasil mengoperasikan Gardu Induk Kuala Kurun dan jaringan transmisi bertegangan 150 kV yang menghubungkan Kuala Kurun dan Kasongan.

General Manager PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan mengatakan pengoperasian gardu induk dan jaringan SUTT tersebut akan memperkuat keandalan pasokan listrik terutama untuk Kabupaten Gunung Mas dan sekitarnya.

“Tentunya ini menjadi angin segar bagi pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kabupaten Gunung Mas,” ujar Salam.

Gardu Induk Kuala Kurun dilengkapi dengan trafo dengan daya sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA) dan 2 jalur (bay line) transmisi yang menghubungkan Kuala Kurun dan Kasongan.

Sebelumnya, listrik Kabupaten Gunung Mas dipasok dari PLTD dengan kapasitas 7,43 Megawatt (MW) yang berada di Kecamatan Kurun.

“Sistem yang dulunya isolated atau berdiri sendiri, kini telah terhubung ke sistem interkoneksi Kalseltengtim yang lebih besar. Tentunya dari segi keandalan juga akan jauh meningkat,” imbuh Salam.

Baca Juga : AIPF Dibuka Presiden, PLN Paparkan Green Enabling Supergrid hingga Rampungnya PLTS Terapung Cirata

Sistem kelistrikan interkoneksi Kalsel, Kalteng dan Kaltim saat ini memiliki cadangan daya sebesar 334 MW yang dipasok dari pembangkit-pembangkit yang tersebar di provinsi tersebut.

“Dengan cadangan daya yang cukup, kami siap mendukung para investor dan pemilik bisnis untuk mengembangkan usahanya terutama di Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Salam.

Baca Juga : Light Up The Dream, PLN Wujudkan Mimpi Listrik Gratis Bagi 14 Warga di Desa Kertak Baru

Salam juga mengapresiasi dukungan seluruh stakeholder dalam menyukseskan pembangunan dan pengoperasian infrastruktur kelistrikan di Kalteng.

“Keberhasilan penyelesaian pembangunan dan pengoperasian proyek infrastruktur ini berkat dukungan penuh dari seluruh pihak. Terimakasih banyak atas supportnya,” ucap Salam.

Baca Juga : Dewan Komisaris dan Direksi PLN Tinjau Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan IKN

Salam juga menghimbau masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga keandalan listrik terutama untuk GI dan jalur transmisi yang baru beroperasi.

“Mohon masyarakat tidak menanam pohon, mendirikan bangunan ataupun bermain layang-layang di sekitar GI dan SUTT ini. Karena selain dapat menyebabkan gangguan yang bisa berakibat padam juga sangat berbahaya bagi keselamatan masyarakat sendiri,” himbau Salam.(bon)

Share :

Baca Juga

Kegiatan meninjau kesiapan kesiapan penyaluran logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Balangan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Ketua DPRD dan Forkopimda Balangan Pastikan Kesiapan Penyaluran Logistik Pemilu 2024 Berjalan Lancar

Advertorial

DPRD Balangan Gelar Rapat Kerja Bersama SKPD

Advertorial

Sukses Jalankan Transformasi Digital, Dirut PLN Dianugerahi The Most Reputable CEO in Digital Platform

Advertorial

Mudik Gratis Bersama BUMN, PLN Berangkatkan 10,000 Pemudik Ke Berbagai Daerah

Advertorial

Pemkab Kotabaru Tingkatkan Tata Kelola Digitalisasi Pengadaan Barang dan Jasa Melalui E-katalog

Advertorial

Ketua TPPS Kotabaru Terus Galakkan Bantuan Penanganan Stunting
Anggota DPRD Balangan Sri Huryat mengajalk masyarakat berolahraga pada sebuah acara Family Fun Day, di Taman Sanggam Kecamatan Paringin. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Sri Huriyati Ajak Warga Berolahraga Melalui Kegiatan FFD

Advertorial

Ketua DPRD Balangan: Perhatikan Kesejahteraan Buruh Hingga Sampai ke Daerah