Home / Advertorial / Banjarmasin

Sabtu, 2 Desember 2023 - 16:02 WIB

Ribuan Jemaah Penuhi Kubah Basirih, Ibnu Sina: Mudah-Mudahan Membawa Berkah

Haul ke 77 Habib Basirih, Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim. (Foto : Istimewa)

Haul ke 77 Habib Basirih, Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim. (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Ribuan jemaah dari berbagai penjuru dan wilayah, tak hanya dari Kota Banjarmasin, tetapi juga dari luar kota hingga manca negara melantunkan sholawat pada rangkaian kegiatan Haul ke 77 Habib Basirih, Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim, Sabtu (2/12).

Kehadiran ribuan jemaah sudah terlihat pada pintu gerbang masuk kawasan Jalan Keramat, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin,

Kegiatan haul ke 77 Tahun 2023 Habib Basirih ini, tak hanya dihadiri masyarakat umum, tetapi juga dari kalangan pejabat tinggi di daerah ini, sebut saja seperti Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang saat itu di wakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan, kemudian Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, serta para pejabat lingkup Pemko Banjarmasin.

Selain menggunakan sepeda motor, para jemaah yang menghadiri kegiatan tersebut juga memakai angkutan sungai. Tentunya, hal ini menjadi keunikan tersendiri dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Baca Juga : TPID Kota Banjarmasin Teken MoU dengan Brebes, Disperdaging Siapkan 15 Event Pasar Murah

Hal unik lainya yang tersaji dalam kegiaatan tersebut, tersedianya ratusan UMKM yang menjajakan berbagai macam kuliner, satu diantaranya adalah kuliner Hintalu Penerang Hati (telur penerang hati, adalah telur asin).

Harganyapun cukup terjangkau, per butirnya hanya Rp 10 ribu saja. Haul akbar yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 wita, berjalan hingga sekira pukul 12.30 wita.

Baca Juga : Pemko dan Kejari Banjarmasin Teken MoU Soal Penegakan Hukum

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama panitia penyelenggaran kegiatan haul yang telah bekerja keras memberikan pelayanan terbaik untuk para jemaah yang hadir.

“Mudah mudahan dengan pelaksanaan haul 77 ini membawa keberkahan untuk kita semua, secara umum pelaksanaannya berjalan dengan lancar,” ucapnya.

“Tentu ini tak lepas dari didukung semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu karena dukungannya sangat banyak, terutama warga dan jamaah di sekitar kubah ini,” tambahnya.

Selain kepada para pendukung kegiatan tahunan tersebut, orang nomor satu di kota berjuluk Seribu Sungai ini juga menyatakan, terima kasih kepada para jemaah yang hadir dan dengan tertib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan haul tersebut.

“Terima kasih banyak atas datangan tamu tamu kita para habaib yang dari Negara Yaman dari Madinah memberikan tausiah dari Pulau Jawa dan tamu-tamu kita yang lain dari pulau Kalimantan dan sekitarnya,” ujarnya.

Mengutip dari tausyiah salah seorang habib dalam acara tersebut, Ibnu Sina berharap, seluruh jemaah saat kembali ke rumah masing-masing bisa tertib dan selalu berhati-hati di jalan.

“Yang paling penting adalah sepulang dari haul ini kata habib tadi, kita ambil ibroh dan juga pelajaran bagaimana teladan dalam menjadi seorang muslim yang baik, itu yang paling penting, tertib,” pungkasnya.(mey)

Share :

Baca Juga

Anggota Komisi II DPRD Balangan, Sri Huryati Hadi (dua dari kanan) turut menyaksikan pemotongan pita tanda diresmikannya pasar Ramadan di Lapangan Marthasura, Kabupaten Balangan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Semarakkan Pasar Ramadan, Sri Huryati Hadi: Bentuk Komitmen DPRD Balangan Dukung UMKM
PLN Unit Kalimantan melalui Yayasan Baitul Maal kembali menyerahkan 100 Mushaf Alquran untuk Pondok Pesantren Tahfidz Darussalam. (Foto : Istimewa)

Advertorial

PLN Wakafkan Ratusan Alquran Untuk Ponpes Darussalam Martapura

Advertorial

Srikandi PLN Dukung Pelestarian Budaya Sulam Arguci Khas Kalsel

Advertorial

Ketua Komisi II DRPD Balangan Nur Fariani Minta Kualitas Guru Diperhatikan

Advertorial

Pembukaan Raimuna Cabang Tahun 2023, Fatma Idiana: Bekal Menjadi Generasi Penerus Bangsa yang Hebat

Advertorial

Ibnu Sina Resmikan Kamber Bumi Jaya Berkah

Banjarmasin

BSF ke 8 Upaya Pemko Tingkatkan Kunjungan Wisata ke Banjarmasin
Bupati Kotabaru Sayed Jafar, mengajak tamunya dari Malaysia berdialog terkait wisata alam yang masih asri di Kabupaten Kotabaru. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Sayed Jafar Ajak Berdialog dengan Guru Kampus Perlis Malaysia Promosikan Wisata Kotabaru