Home / Balangan / Kotabaru / Pendidikan

Selasa, 17 Oktober 2023 - 18:11 WIB

Tiga Sekolah di Kotabaru Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional

KOTABARU, wasaka.id – Tiga sekolah di Kabupaten Kotabaru menerima penghargaan dalam bidang pengelolaan lingkungan melalui Penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2023.

Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat melalui program Kementerian Lingkungan Hidup kepada sekolah dalam rangka terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Adapun ketiga sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2023 ini adalah SMKN 1 Kotabaru, SMAN 1 Pulau Laut Timur, dan SMP Indocement Tarjun.

Tiga sekolah tersebut merupakan bagian dari 15 sekolah yang juga menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dari Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu dari Banjarmasin, Banjarbaru, Hulu Sungai Selatan, Tapin dan Tabalong.

Baca Juga : Kotabaru Basketball Competition 2023, Andi Rudi Latif: Ciptakan Atlet Profesional

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, pada Selasa pagi, 17 Oktober 2023 di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta kepada Kepala Sekolah penerima Adiwiyata dan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup masing-masing.

Dalam sambutannya Menteri LHK mengatakan bahwa diselenggarakannya Adiwiyata ini dalam rangka program GPBLHS atau Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah yang diharapkan dapat berdampak pada Daerah setempat sehingga bisa didapatkan lingkungan yang baik dan sehat untuk mempercepat target Indonesia dalam mencapai agenda SGDs 2030, Indonesia Emas 2045 serta Net Emission 2060.

Baca Juga : Disnakertrans Kotabaru Gelar Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Saat ini ada 28 ribu lebih sekolah mulai SD, SMP, SMA dan madrasah-madrasah atau sederajat yang terlibat dalam Adiwiyata ini, bahkan kita tergetkan bisa mencapai 459 ribu lebih sekolah, untuk itu Menteri LHK mengucapkan selamat dan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh unsur sekolah termasuk warga masyarakat sekitar sekolah.

Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar Alaydrus, bersyukur atas diperolehnya penghargaan Adiwiyata Nasional ini sebagai apresiasi atas upaya besama yang dilakukan sekolah bersama Dinas LH, sekolah, masyarakat dan instansi terkait lainnya.

“Tentunya ini merupakan penghargaan yang sangat membanggakan Daerah Kabupaten Kotabaru, karena 3 dari 15 sekolah yang menerima penghargaan ini se Kalimantan Selatan, adanya di Kotabaru,” ungkap Sayed Jafar.

Bupati Kotabaru juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terutama para pengelola sekolah dan siswa yang telah berperan aktif dalam mengelola lingkungan sekolahnya masing-masing, seperti pemilahan sampah, terutama mengelola sampah plastik, dan penanaman pohon-pohon.

Baca Juga : Kapolres Kotabaru Berikan Program Sikoba Presisi dan Umrah kepada Dewan Guru

Apalagi di musim kemarau panjang seperti ini, banyak lahan terbakar, peran sekolah dalam menjaga hutan dan lahan sangat kita harapkan.

“Semoga di tahun-tahun yang akan datang akan lebih banyak lagi sekolah kita yang mendapatkan adiwiyata ini, karena diawali dari sekolah lah kita harapkan kelak anak-anak kita akan menjadi pemimpin yang berakhlak dan peduli lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru, Maulidiansyah, mengatakan bahwa pada penilaian Adiwiyata yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Kabupaten Kotabaru mengikutsertakan 6 sekolah yang dinonimasikan, namun hanya 3 yang berhasil meraih penghargaan, namun ini sudah meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 1 sekolah yang berhasil, yaitu SMAN 1 Kelumpang Hulu.

“Elemen atau prinsip utama dalam Adiwiyata ini antara lain adalah menjaga kebersihan, fungsi sanitasi, mengelola sampah dengan 3R, menanam dan memelihara pohon, konservasi air, konservasi energi, dan inovasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan,” bebernya.

Untuk itu, sesuai arahan Bupati, ia akan terus memperluas pembinaan sekolah Adiwiyata ini agar lebih banyak lagi sekolah yang memikiki standar pengelolaan lingkungan yang baik.

Ia juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Kotabaru yang selalu memberikan arahan bahkan turun langsung terkait lingkungan ini termasuk pengelolaan lingkungan di sekolah-sekolah.(adv/restu)

Share :

Baca Juga

Advertorial

DPRD Balangan Tinjau Aktivitas Pertambangan PT. Adaro Indonesia 

Advertorial

DPRD Balangan Gelar Rapat Paripurna dengan Agenda PAW dari Fraksi PDIP

Advertorial

Bupati Kotabaru Terima Penghargaan Kementrian Perindustrian RI

Advertorial

Komisi I dan SKPD Mitra Kerja Gelar Rapat Rencana Program SKPD Tahun 2024

Advertorial

Perbaikan Jalan di Balangan Dianggarkan Rp 20 Miliar, Ketua Komisi III: Bisa Direalisasi Maret-April

Advertorial

Bupati Kotabaru Terus Tingkatkan Pembangunan di Bumi Saijaan Sebelum Masa Jabatannya Berakhir

Advertorial

Wakil Bupati Kotabaru Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2023
Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Balangan Rusdin Barhiwan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Anggota Komisi I DPRD Balangan Kunjungi Atlet Cabor Pencak Silat Seklaigus Beri Dukungan