Home / Advertorial / Kotabaru

Selasa, 14 Februari 2023 - 17:49 WIB

Disnakertrans Kotabaru Gelar Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi

KOTABARU, wasaka.id – Asisten II Bidang Prekonomian dan pembangunan Kotabaru, H Murdianto, membuka secara resmi kegiatan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi, Senin (13/2).

Pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi tersebut diadakan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), bertempat di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kotabaru.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama satu bulan. Peserta pelatihan berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru. Peserta diluar kecamatan pulau laut utara dan Pulaulaut Sigam akan diberikan fasilitas tinggal di asrama BLK Kotabaru.

Baca Juga: Kesbangpol Seleksi Calon Paskibra Tahun 2023, Begini Pesan Bupati Kotabaru

Kepala dinas Ketenagakerjaan dan transmigrasi Sugian Noor menyampaikan, permasalahan ketenagakerjaan di Kabupaten Kotabaru saat ini masih banyak dari jumlah angka pengangguran, sementara lowongan kerja yang tersedia juga sangat terbatas.

Oleh sebab itu kebijakan Pemerintah melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi adalah melakukan dan membuka pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan skill para pencari kerja yang terdaftar di Disnakertrans Kotabaru dalam berbagai bidang sesuai kompetensi yang dibutuhkan

“Karena disinilah setiap tahun anak-anak kita lulusan SMA, SMK dan pendidikan lainnya yang tidak mampu melanjutkan kuliah ke luar daerah atau kuliah di Kotabaru, BLK adalah salah satu menjadi tujuan mereka untuk meningkatkan kompetensi diri,” ungkap Sugian Noor.

Baca Juga: Pemkab Kotabaru Bersama Masyarakat Peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW

Pada kesempatan itu juga Sugian berharap, adanya kepedulian dan keikutsertaan perusahaan atau investor yang ada di Kotabaru ini melakukan pelatihan-pelatihan, baik menggunakan Dana CSR maupun memanfaatkan fasilitas yang diberikan Pemerintah melalui Program Super Tax Deduction.

Pebriyanta Sitepu, Plt Kepala Balai Latihan Kerja dalam laporannya mengatakan, target peserta dari dana APBD Kotabaru untuk tahun 2023 sebanyak 112 orang terdiri dari kejuruan pelatihan yaitu Teknis Las 16 orang, Teknik Listrik 16 orang, Teknik Otomotif 16 orang, Komputer Administrasi 32 orang, Garmen Apparel / Menjahit Pakaian 32 orang.

“Karena kuota yang terbatas berkaitan dengan anggaran yang ada, dengan sangat terpaksa kami menutup pendaftaran pelatihan lebih awal dan tidak bisa mengakomodir calon peserta pelatihan secara keseluruhan yang ingin mengikuti pelatihan di BLK ini”

Baca Juga: Sekda Kotabaru Berharap PIDI Berikan Pelayanan Maksimal ke Masyarakat

Dijelaskan Pebri, selama mengikuti pelatihan peserta akan mendapatkan fasilitas bahan teori, bahan praktek, pakaian kerja, pakaian olah raga, makan siang 1 kali selama mengikuti pelatihan.

Sementara itu Bupati Kotabaru melalui Asisten II Bidang Prekonomian dan pembangunan Aetda Kotabaru H. Murdianto mengatakan dalam sambutannya pelatihan kerja mempunyai peranan penting untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang kompeten, yaitu kemampuan untuk menguasai dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan di tempat kerja.

“Salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas para pencari kerja adalah dengan menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi sebagai instrumen pengembangan sumber daya manusia yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang produktif sehingga nantinya mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas,” jelasnya.

Kemudian Murdianto juga menjelaskan, keberadaan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengurangi pengangguran.

“Besar harapan saya pada pelatihan ini dapat terjalin komunikasi yang baik antara para peserta dengan penyelenggara. Serta seluruh peserta pelatihan, dapat mengikuti pelatihan dengan serius dan penuh perhatian. Sehingga dapat menyerap ilmu yang di sampaikan oleh pemateri dengan baik,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan peserta pelatihan nantinya yang telah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dapat mandiri dan dapat segera memperoleh pekerjaan baik dalam usaha formal, maupun usaha mandiri dengan keterampilan yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan menekan angka pengangguran guna meningkatkan kesejahteraan pencari kerja dan masyarakat, ” harap Murdianto.

Pada acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Nakertrans, Ketua DPRD Kotabaru, Kepala SKPD, dan camat Pulau Laut. Selain itu juga dilakukan peninjauan fasilitas yang ada di BLK.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

PLN Siagakan 1389 Personil Jaga Perayaan Idul Adha di Kalimantan

Advertorial

Komisi III DPRD Balangan Usulkan Booster PDAM Balangan Diganti

Advertorial

Rusdin Barhiwan Sosialisasikan Dua Raperda

Advertorial

Sri Huriyati Anggota DPRD Balangan Ajak Masyrakat Jaga Kesehatan

Advertorial

Dukung Pelestarian Budaya dan Pembangunan Berkelanjutan, PLN Luncurkan Program TJSL UMKM Rumah Adat Songket Mempawah

Advertorial

Pemda dan Kemenag Kotabaru Rapat Mantapkan Keberangkatan Haji 1444 H/2023 M

Advertorial

Bupati Kotabaru Hadiri Haul Syekh Samman Al-Madani di Kecamatan Hampang

Advertorial

Bangkitkan UMKM, Pemkab Kotabaru Gelar Festival Kuliner 2023