Home / Advertorial / Kotabaru

Minggu, 26 Februari 2023 - 09:00 WIB

Bangkitkan UMKM, Pemkab Kotabaru Gelar Festival Kuliner 2023

KOTABARU, wasaka.id – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, mengapresiasi pergelaran Festival Kuliner 2023 dalam sarana mempromosikan produk usaha kecil dan menengah (UMKM) agar membangkitkan ekonomi masyarakat.

Selain dihadiri Bupati Sayed Jagar, Festival kuliner berlangsung di Obyek Wisata Siring Laut Kotabaru, juga diikuti sejumlah SKPD Pemkab Kotabaru, Jumat (24/2).

Festival kuliner ini dilaksanakan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru berlangsung selama tiga hari dari tanggal 24 sampai 26 Februari 2023.

Baca Juga : Atasi Stunting, Wabup Kotabaru Bagikan Paket Sembako

Pembukaan ditandai dengan pemukulan alat masak (wajan dan sutil) oleh Bupati Kotabaru Sayed Jafar dan diikuti pejabat terkait.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengapresiasi kegiatan festival kuliner 2023 dalam mengembangkan ekonomi kreatif sekaligus mempromosikan wisata.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi segenap panitia dan seluruh pihak terkait atas terselenggaranya Festival kreatif kuliner Kotabaru 2023, dan tidak lain sebagai upaya dalam pengembangan wisata kuliner dan pemberdayaan ekonomi kreatif serta mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru,” ucap Sayed Jafar.

Baca Juga : Kemenag Kotabaru Gelar Rakor Penyampaian Informasi Kebijakan Penyelenggaran Ibadah Haji

Selain itu, bupati juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan UMKM dan melalui Festival Kuliner diharapkan bisa memunculkan ide-ide kreatif dalam memajukan kuliner Kotabaru.

“Diharapkan, dengan adanya kegiatan Festival Kuliner Kotabaru 2023 mampu meningkatkan minat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terutama bidang kuliner untuk pengembangan ekonomi masyarakat setempat, mengangkat dan mempromosikan produk makanan khas serta mengali potensi masyarakat untuk berinovasi dan berkreasi dalam pengembangan masakan khas Kotabaru,” harap bupati.

Bupati Kotabaru juga mempromosikan kemajuan wisata yang ada di daerahnya dan berharap kepada para tamu undangan maupun masyarakat untuk mempromosikan wisata kita yang ada.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru Risa Ahyani menyampaikan, Kegiatan ini untuk meningkatkan potensi chef yang ada di Kabupaten Kotabaru dan ini merupakan pertama kali dilaksanakan.

“Festival Kreatif Kuliner Kotabaru 2023 digelar pertama kalinya oleh Disparpora Kotabaru dalam rangka meningkatkan dan menumbuh kembangkan Ekonomi Kreatif Subsektor kuliner serta potensi para Chef yang ada di Kotabaru serta menambah variatif sajian kuliner dengan branding yang baik sehingga dapat memberi nilai lebih bagi para Chef Saijaan,” ungkap Plt. Kadis Disparpora Kotabaru

Baca Juga : Pemkab Kotabaru Gelar Malam Pisah Sambut Kepala Kejaksaan Negeri

Perlu diketahui, event ini diramaikan oleh elemen industri kuliner yang ada seperti UMKM, Restoran, Hotel, Cafe, Ghost Kitchen, Kios dan Kaki lima. Pameran/Bazzar produk kuliner/ UMKM ada 31 peserta, zona kopi ada 4 peserta, lomba masak nasi goreng kreatif antar SKPD/BUMN/BUMD/ Kecamatan ada 36 peserta dan lomba chef cipta kreatif masakan Saijaan ada 18 peserta.

Bupati Kotabaru beserta Forkopimda dan tamu undangan meninjau langsung ke stand kuliner sembari mencicipi makanan khas Kotabaru.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Andi Rudi Latif Buka Turnamen Sepak Takraw di Pulaulaut Tanjung Selayar
Ilustrasi jaringan internet yang diharapkan wakil rakyat DPRD Balangan agar bisa terkoneksi hingga daerah pedalaman. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Anggota DPRD Balangan Berharap Jaringan Internet Merata Bisa Dirasakan Masyarakat Pedalaman

Advertorial

Serunya Antsusias Masyarakat di Lomba Mancing dan Donor Darah Hari Adhiyaksa Darmakarini XXIII

Advertorial

Jetski Touring Bupati Cup Tahun 2023 Dibuka: Muara Memperkenalkan Wisata Hingga Manca Negara

Advertorial

Bupati Kotabaru Dinobatkan Sebagai Bapak Badan Permusyawaratan Desa

Advertorial

Viral! Warung Kuliner Binaan PLN Raih Omset Puluhan Juta Rupiah

Advertorial

H Dimas Pebriady Laksanakan Reses Serap Aspirasi Rakyat

Advertorial

Hadiri Festival ‘Bagarakan Sahur’ Ketua DPRD Balangan Minta Hindari Kegitan Melanggar Norma Agama