Home / Otomotif / YAMAHA

Jumat, 3 Februari 2023 - 20:24 WIB

Bukti Keunggulan Yamaha E01, Dari Fitur Melimpah Sampai Tenaga Powerfull

Kendaraan Listrik (EV) E01 YAMAHA Saat di uji coba oleh masyarakat di Pulau Bali. (Foto Istimewa)

Kendaraan Listrik (EV) E01 YAMAHA Saat di uji coba oleh masyarakat di Pulau Bali. (Foto Istimewa)

SEJAK program Market Test bertajuk Proof of Concept resmi dimulai oleh Yamaha pada Desember 2022 lalu, sebanyak ribuan orang telah mendaftarkan diri untuk menguji coba kendaraan listrik (EV) E01 di 3 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung dan Bali.

Hal tersebut tidak terlepas dari rasa penasaran masyarakat yang tinggi untuk menjajal kecanggihan teknologi dan impresi berkendara menggunakan kendaraan listrik dalam mendukung mobilitas harian mereka.

Meskipun baru sebatas uji coba, namun apresiasi masyarakat terhadap kehadiran EV E01 sudah terlihat begitu besar. Pasalnya, kendaraan konsep tersebut tidak hanya tampil dengan desain yang futuristik layaknya skutik masa depan, namun juga menawarkan segudang fitur canggih yang dapat memberikan sensasi berkendara baru bagi para penggunanya.

Bahkan beberapa fitur tersebut hanya dapat dijumpai pada EV E01 dan tidak dimiliki oleh kendaraan EV lain yang ada di Indonesia. Dengan berbagai keunggulan tersebut, maka tidak heran jika banyak dari peserta yang memberikan respon positif, terutama terkait hal yang menyangkut fitur pendukung berkendara.

Baca Juga : Dukung Kebersamaan Keluarga Melalui Yamaha FreeGo Family Day

“Setelah riding seharian menggunakan E01 menuju pantai-pantai di selatan Pulau Bali, ternyata skuter listrik ini memang sangat enak jauh melebihi ekspektasi saya. Riding position-nya rileks dan nyaman sekali seperti NMAX, untuk redaman suspensi dan kestabilannya juga sangat baik. Fiturnya juga banyak banget, dan yang paling jadi pembeda dibandingkan skuter EV lain adalah teknologi Regenerative Brake yang mirip seperti engine brake. Selain lebih safety, juga bikin feeling berkendaranya mirip seperti skutik konvensional. Saya pribadi jadi mudah beradaptasi dalam pemakaian,” ungkap salah seorang peserta Market Test EV E01 di wilayah Bali, Udayana Devandra.

Selain segudang fitur unggulan, performa mesin EV E01 juga turut mendapat pujian dari para test rider yang mencobanya. Adanya fitur riding mode yang menawarkan 3 opsi berkendara, yaitu Eco, Normal dan Power terbukti mampu menjawab berbagai macam kebutuhan berkendaran di berbagai kondisi medan dan jalan. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Maudi Dirgantara, seorang peserta program Market Test EV E01 di area kota Bandung.

Baca Juga : Awali Tahun dengan Spirit “Born to Be Free”, Yamaha Luncurkan Empat Warna Baru XSR 155

“Saya tidak menyangka kalo motor listrik E01 ternyata punya performa mesin sebagus ini. karena sebelumnya pernah mencoba riding dengan beberapa motor listrik lain dan biasanya hanya bisa jalan di kecepatan maksimal 50 – 60 km. Tapi E01 dengan mode berkendara power, jalan datar bisa tembus 100 km. Bahkan saya coba pakai mode Eco untuk nanjak di daerah Dago Pakar saja masih kuat naik dengan rata-rata speed 35 – 40 km. Menurutku ini EV terbaik yang pernah saya coba dan saya pikir kalo dijual pun pasti banyak yang minat,” jelasnya.

Selain fitur-fitur diatas, EV E01 juga dilengkapi dengan teknologi canggih lain yang meningkatkan kualitas dalam berkendara. Mulai dari fitur konektivitas Y-Connect yang informatif, Traction Control System (TCS) yang dapat meminimalisir ban belakang kehilangan traksi, hingga Reverse mode untuk mempermudah pengendara memundurkan motor. Selain itu, piilihan 3 opsi pengisian daya baterai mulai dari Fast charging (1 jam, 0 – 90%), Normal charging (5 jam, 0 – 100%)) dan juga Portable charging (14 jam, 0 – 100%), juga dinilai peserta Market Test memberikan fleksibilitas yang lebih dalam hal pengoperasian motor.

“Selain desain dan teknologi fitur, saya pikir adanya opsi charger motor dengan durasi waktu yang variatif juga menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki E01 dibandingkan skutik EV lainnya. Karena pengguna jadi lebih dimudahkan dalam hal pengoperasian motor. Jadi, ketika butuh charging cepat bisa datang ke lokasi Fast Charging. Tapi kalo sedang santai di rumah bisa menggunakan Normal Charging. Dan jika dalam kondisi emergency baterai mau habis bisa menggunakan Portable Charging yang ada di jok motor. Saya pikir konsep seperti ini membuat E01 lebih realistis untuk digunakan sebagai moda transportasi harian menggantikan motor konvensional,” timpal Adya Lesmana, peserta Market Test E01 di kota Jakarta.

Baca Juga : Miliki Inovasi Desain dan Teknologi Tinggi, Yamaha Fazzio Hybrid – Connected Jadi Pilihan Kaum Milenial

Bagi masyarakat di kota Jakarta, Bandung dan Bali yang belum mencoba EV E01 dan tertarik untuk menguji kendara skutik listrik tersebut, dapat segera mendaftarkan diri pada link di bawah ini:

Jakarta : https://tiny.cc/TestRideEO1
Bandung : https://forms.office.com/r/CaPydwRJWJ
Bali : https://e01.yamahamotorbali.com/

Nantinya setelah mendaftarkan diri dan mendapatkan konfirmasi dari pihak Yamaha dalam bentuk telepon ataupun pesan, calon peserta Market Test bisa langsung datang ke Yamaha Flagship Shop di area masing-masing untuk segara melakukan test ride pasca memenuhi persyaratan administrasi. Adapun kegiatan test ride sendiri dibuka selama hari kerja (Senin – Jumat) dari pukul 08.00 – 17.00 WIB setiap harinya.(nas)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Dukung Kebersamaan Keluarga Melalui Yamaha FreeGo Family Day

Advertorial

Pembalap Yamaha Racing Indonesia Siap Tampil Agresif dan Optimal di ARRC 2022 Buriram Thailand

Advertorial

Duo Pembalap Yamaha World Superbike Berkesan Kembali Datang ke Mandalika

Advertorial

Indonesia MotoGP Mandalika 2023 Sukses Digelar dengan Listrik PLN Tanpa Kedip

Advertorial

Toyota Perkenalkan Wajah Baru All New Agya di Banjarmasin

Bisnis

Yamaha Gear 125, Motor yang Manjakan Ibu Rumah Tangga Pergi ke Pasar

Advertorial

Yamaha STSJ Gelar Event Regional Gathering Community 2022

Otomotif

Awali Tahun dengan Spirit “Born to Be Free”, Yamaha Luncurkan Empat Warna Baru XSR 155