Home / Advertorial

Minggu, 12 Maret 2023 - 16:01 WIB

Jelujur Massal Kain Sasirangan Ukir Sejarah Peradaban Bangsa Indonesia dengan Pecahkan Rekor LEPRID

Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor saat menerima pemecahan rekor Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID). (Foto : Istimewa)

Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor saat menerima pemecahan rekor Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID). (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Banjarmasin kembali menorehkan prestasi melalui rangkaian peringatan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7 pada agenda menjelujur massal kain Sasirangan di Siring Menara Pandang, Minggu (12/3).

Prestasi yang diraih merupakan pemecahan rekor Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) dengan menampilkan 1000 orang menjelujur secara bersamaan terdiri dari Kader TP-PKK Banjarmasin, PKK Kecamatan, tenaga pendidik serta peserta didik di sejumlah Sekolah Menengah Pertama.

Kegiatan pemecahan rekor dari LEPRID tersebut dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, turut hadir Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kemenparekraf RI, Raden Kurleni Ukar, Direktur LEPRID Paulus Pangka SH, Sejimlah Kepala SKPD, Wakil Ketua TP-PKK serta para Camat dan Lurah setempat.

Arifin Noor mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang berperan dalam penyelenggaraan Rekor tersebut, Ia mengakui hasil itu berkat kolaborasi seluruh lapisan, mulai dari Pemerintah, para Guru, hingga peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

“Tidak lupa saya ingin berterimakasih kepada para Panitia yang sudah bekerja keras untuk suksesnya acara ini, semoga dengan pemecahan rekor ini, bisa lebih memperkenalkan lagi Sasirangan sampai ke luar daerah dan luar negeri,” ujarnya.

Baca Juga : Warna-warni dan Corak Kostum Carnaval Parade Sasirangan BSF ke-7, Bikin Warga Banjarmasin Kagum

Sementara itu, Raden Kurleni Ukar mengaku sudah tiga hari berada di Banjarmasin, dan ia banyak mendapatkan ilmu serta pelajaran khususnya dalam pembuatan kain Sasirangan.

“Ya disini saya banyak sekali belajar Sasirangan dan ini memang karya yang membanggakan bagi Banjarmasin perlu dilestarikan dan perlu diberikan nilai tambah untuk bisa menjadikan ini pariwisata,” ucapnya.

“Tadi banyak sejarahnya dan ini kalo bagi kami harus di bungkus menjadi story nomik, bagi pariwisata inilah yang bisa membedakan, unik untuk wisatawan baik manca negara maupun wisatawan lokal,” tambahnya.

Baca Juga : Opening Ceremony BSF ke-7 Dimeriahkan Ivan Govinda

Sementara itu Paulus Pangka mengungkapkan Banjarmasin dalam pemecahan rekor tersebut hanya butuh persiapan waktu sehari.

“Hari ini kami diundang, sehari yang lalu dan saya tidak percaya biasanya kalo buat rekor itu 3 bulan sebelumnya mengajukan permohonan,” ujarnya.

“Hanya kota Banjarmasin yang satu hari menyampaikan dan ternyata hari ini kita saksikan bersama bagaimana adik-adik kita, bapa dan ibu guru semua memberikan pendidikan edukasi kepada kita,” katanya.

Baca Juga : 38 Pengrajin Sasirangan Bersaing Desain Motif di BSF

Paulus Pangka turut bangga dengan para pendidik, dimana semuanya memberikan edukasi untuk terus mewariskan leluhurnya, termasuk melalui Sasirangan yang sangat luar biasa tersebut.

“Selama ini saya memakai topinya kemana saya pergi, ke Semarang saya memakai topi yang terbuat dari sasirangan kemudian kainnya juga, lalu orang bertanya apa kamu sudah lihat bagaimana prosesnya dan hari ini kita saksikan bersama bagaimana menjelujur ini,” ungkapnya.

“Jadi ini adalah rekor baru dengan nama menjelujur kain Sasirangan dengan peserta terbanyak berdasarkan perhitungan kami 1000 lebih, jadi terimakasih kepada bapa dan ibu guru beserta adik-adik pelajar semua yang telah berhasil menciptakan sejarah baru dalam peradaban bangsa Indonesia,” tandasnya.(mey)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Perpustakaan di Kotabaru Diharapkan Lebih Maju dan Mencerdaskan Masyarakat

Advertorial

Miliki Peta Jalan yang Jelas, PLN Dinilai Terdepan Dalam Transisi Energi

Advertorial

MTQ Nasional Ke-53 Tingkat Kabupaten Kotabaru Resmi Ditutup, Sayed Jafar: Tingkatkan Hafalan dan Pemahaman Nilai Alqu’an
DPRD Kabupaten Balangan mengundang Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3). (Foto : Humas DPRD Balangan)

Advertorial

DPRD Balangan Undang DKP3 Penjelasan Terkait Ternak Unggas Banyak Mati Mendadak

Advertorial

Kotabaru Sukse Gelar Pelaksanaan Rakor AAIP se Kalsel

Advertorial

DLH Banjarmasin Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan Sungai Melalui Lomba “Maharagu Sungai”
PT PLN (Persero) memainkan perannya sebagai objek vital dalam suksesnya pesta demokrasi di pulau Kalimantan melalui kegiatan Siaga Kelistrikan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Kesiagaan PLN Sebagai Objek Vital Kawal Suksesnya Pesta Demokrasi di Pulau Kalimantan

Advertorial

DPRD Balangan Tinjau Aktivitas Pertambangan PT. Adaro Indonesia