Home / Advertorial / PLN UIP3B KALIMANTAN

Selasa, 29 Agustus 2023 - 17:15 WIB

KEREN, Produk Rajutan dari Komunitas Binaan PLN Tembus Pasar Eropa

Komunitas Rajut Banjarbaru memamerkan hasil karyanya yang tembus Pasar Eropa. (Foto : Istimewa)

Komunitas Rajut Banjarbaru memamerkan hasil karyanya yang tembus Pasar Eropa. (Foto : Istimewa)

Berawal dari hobi merajut, Siti Juariah memimpin Komunitas Rajut Banjarbaru (KRAB) yang berhasil memasarkan produknya hingga ke Eropa.

BANJARBARU, wasaka.id – Siti Juariah, ketua Komunitas Rajut Banjarbaru (KRAB) yang beralamat di jalan Sidorejo RT. 11 RW. 02 No. 102 Guntung Manggis, Banjarbaru, telah menjalankan usaha rajutannya selama tiga tahun terakhir.

Awalnya hanya dari ketertarikan untuk belajar merajut. Meski demikian ia mengaku tak pernah menyangka hobi merajutnya akan menjadi ladang usaha yang kini pemasarannya tembus Pasar Eropa.

“Saya memulai dengan belajar dari YouTube, kemudian mencoba merajut sendiri. Ternyata banyak yang menyukai hasil karya saya, jadi saya melanjutkannya dan membentuk perkumpulan dengan ibu-ibu lain yang juga suka merajut,” ungkap Siti

Ia mengaku pelanggan dan pembelinya sebagian besar berasal dari luar kota bahkan mancanegara. Untuk mengembangkan jangkauan pemasaran, ia tidak hanya mengandalkan marketplace saja, tetapi juga tergabung dalam Dekranasda Banjarbaru, yang saat ini dipimpin oleh Vivi Mar’i Zubedi.

“Kami juga ikut bergabung dalam ‘Bhanjaruu Bag’, salah satu produk unggulan dari Dekranasda Banjarbaru” jelasnya

Lebih lanjut Siti mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PLN berupa pendampingan serta pengadaan peralatan dan bahan rajut beberapa tahun silam. Bantuan tersebut kini telah menjadi batu loncatan bagi KRAB hingga berada posisi sekarang.

“Terimakasih banyak kepada PLN, berkat bantuan yang diberikan dua tahun yang lalu akhirnya kami sampai dititik ini, semoga apa yang diberikan menjadi keberkahan untuk kita semua,” ucap Siti

Baca Juga : Mitra Binaan PLN ‘My Bronie’ Sajikan Pilihan Brownies Kreatif khas Banua

Meskipun telah banyak hasil yang diperoleh, Siti tetap mengikuti banyak workshop untuk terus meningkatkan pengetahuannya. Ia juga berusaha memperluas jaringan dan komunitas sebagai sarana diskusi dan promosi. Siti menyadari bahwa cara-cara tersebut tak kalah pentingnya dengan memperbanyak ragam dan varian produk buatanya.

“Belajar dan terus belajar adalah kunci utama bagi kami, baru-baru ini kami berhasil menjual 20 tas di Paris dan 66 tas di Singapura. Tentunya hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami,” ungkap Siti dengan bangga

Baca Juga : Keren! PLN UIP3B Kalimantan Pamerkan Budaya Kalsel di Opening Ceremony BUMN Fest 2023

Ke depan ia berharap produk-produknya makin banyak peminat dan pembelinya. Karena produknya adalah hasil kerajinan tangan 100%, ia yakin produknya memiliki kualitas terbaik meskipun dengan harga yang kompetitif.

“Kami berharap semakin banyak pembeli yang tertarik. Bagi siapa pun yang ingin belajar merajut, mereka bisa datang ke Komunitas Rajut Banjarbaru (KRAB). Kami siap membantu dan semua ini gratis tanpa biaya,” tambahnya.

Baca Juga : PLN Beri Bantuan Penanaman Pohon Berupa 600 Bibit Pohon Produktif di Daerah Pegunungan Meratus

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan, Abdul Salam Nganro mengaku bangga dan mengapresiasi capaian yang sudah di peroleh KRAB. Ia juga menekankan bahwa program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini sejalan dengan inisiatif Kementerian BUMN untuk memberdayakan UMKM di wilayah masing-masing.

“Kami sangat bangga atas capaian yang sudah diperoleh oleh Komunitas Rajut Banjarbaru. Kami berharap dengan capaian yang sudah memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan ekonomi masyarakat, terutama di wilayah kerja kami” tutur Salam

PLN terus berkomitmen untuk Creating Share Value (CSV) yang berlandaskan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam peningkatan perekonomian yang dikolaborasikan dengan dukungan berbagai pihak untuk bersama menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Upaya yang dilakukan PLN ini merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip ‘Environmental, Social and Governance’ (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.” tambahnya

Seperti diketahui, KRAB yang merupakan binaan PLN UIP3B Kalimantan ini terbentuk sejak tahun 2021 dengan keseluruhan anggotanya adalah ibu rumah tangga.(Bon)

Share :

Baca Juga

Advertorial

PLN Jadi Perusahaan Utilitas Terbaik Se-Kawasan Versi Fortune 500 Asia Tenggara

Advertorial

Miliki Peta Jalan yang Jelas, PLN Dinilai Terdepan Dalam Transisi Energi

Advertorial

Bupati Kotabaru Terus Tingkatkan Pembangunan di Bumi Saijaan Sebelum Masa Jabatannya Berakhir

Advertorial

Golkar Kalsel Laksanakan Ibadah Kurban, Supian HK: Idul Adha Momen Kebersamaan dan Saling Menghormati

Advertorial

Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Launching Dapur Sehat Atasi Stunting

Advertorial

Soal Putusan PN Jakpus Terkait Penundaan Tahapan Pemilu, Sekretaris Golkar Kalsel: Kami Tetap Fokus Jalankan Konsolidasi

Advertorial

OJEK IBU PERGI Puskesmas Juai Diapresiasi DPRD Balangan
Bupati Balangan Hadiri Rapat Paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Balangan Tahun Anggaran (TA) 2023. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati Balangan Hadiri Rapat Paripurna: SDM Masih Jadi Kendala