Home / Advertorial

Jumat, 30 Desember 2022 - 15:47 WIB

Manfaatkan Limbah Batu Bara, PLN Tingkatkan Perekonomian Desa Asam Asam

PELAIHARI, wasaka.id – Sebagai upaya untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di sekitar unit kerja PT PLN (Persero), PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Asam Asam lakukan penyerahan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan kepada Desa Asam Asam.

Bantuan disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Jaya Bersama Desa Asam Asam berupa Gallery untuk Display Produk khas dari Desa Asam Asam. Pembangunan gallery ini dilakukan dengan menggunakan limbah hasil pembakaran batu bara dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam Asam yaitu Flying Ash dan Bottom Ash (FABA) sebagai bahan bangunan utamanya.

Baca Juga : Pimpin PLN Sebagai Pilar Transisi Energi Nasional, Darmawan Prasodjo Dianugerahi Green Leadership Utama dari Pemerintah RI

Manager PLN UPK Asam Asam Dani Esa Windiarto mengungkapkan bahwa ini adalah salah satu tanggung jawab PLN untuk senantiasa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga mengungkapkan sejak dikategorikannya FABA sebagai limbah Non Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), tentunya banyak potensi yang dapat digali melalui pemanfaatan FABA ini. Sebanyak 2.000 pcs batako dan 155 Ton FABA digelontorkan untuk menyokong proses pembangunan Galeri FABA desa Asam Asam ini.

“PLN akan terus berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui pembangunan gallery dengan memanfaatkan FABA ini, semoga ekonomi masyarakat akan terus meningkat dan banyak pihak yang akan turut melakukan pemanfaatan FABA, tujuan dibangunnya galeri FABA ini sebagai fasilitas untuk memasarkan produk kerajinan khas desa asam asam dan sebagai kegiatan usaha lainnya untuk mendorong perekonomian desa Asam Asam,” ungkap Dani Esa Windiarto.

Baca Juga : Kenalkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Jajaran PLN Konvoi Motor Listrik di Yogyakarta

Muhammad Mansyur, selaku Direktur BUMDes Maju Jaya Bersama mengungkapkan bahwa dampak positif dalam pemanfaatan FABA ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat khususnya warga Desa Asam Asam. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN atas bantuan dan dukungan yang diberikan kepada warga dan para pelaku usaha di Desa Asam Asam.

“Alhamdulillah dengan pembangunan Gallery berbahan dasar FABA ini, semoga dapat mampu mendongkrak perekonomian di Desa Asam Asam. Kami sekali lagi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN atas partisipasinya.” pungkasnya.

Baca Juga : Hari Operasi Pembangkit Terbaik Sepanjang Sejarah, PLN Pastikan Kelistrikan Jelang Tahun Baru Aman

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) adalah komitmen perusahaan menuju pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial, lingkungan dan hukum dan tata kelola dengan prinsip yang terintegrasi, terarah, terukur, dapat dicapai, bertanggung jawab dan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan.

Melalui program TJSL dengan memanfaatkan FABA ini, selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, PLN juga turut mendukung terlaksananya program pemerintah berupa Sustainable Development Goals (SDGs) pada pilar Lingkungan.(mey/rilis PLN)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pemkab Kotabaru Serahkan NPHD Guna Kesuksesan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024

Advertorial

Festival Teluk Tamiang 2023 Incar Wisatawan Dunia Berwisata di Kotabaru

Advertorial

Bupati Sayed Jafar kembali Berikan Bantuan BST kepada Warga Kepulauan

Advertorial

Peringati Hari Anak Nasional, PLN Berikan Pengalaman Sehari Jadi Pegawai PLN

Advertorial

Srikandi PLN Salurkan Bantuan Program Cegah dan Tangkal Stunting di Banjarbaru

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Imbau Masyarakat Terus Jaga Kesehatan

Advertorial

Jaga Keandalan Listrik Selama Ramadan dan Idul Fitri, PLN Siagakan 2.300 Posko Kelistrikan dan 82.690 Personel

Advertorial

Bank Kalsel Siap Bersinergi dengan BUMD