Home / Uncategorized

Selasa, 19 September 2023 - 08:54 WIB

Pemerintah Tetapkan Tarif Listrik Tidak Naik, PLN Siap Beri Pelayanan Optimal

Petugas PLN melakukan penggantian kWh meter ke smart meter di salah satu rumah pelanggan, Fahri (34) di Tebet, Jakarta Selatan. (Foto : Istimewa)

Petugas PLN melakukan penggantian kWh meter ke smart meter di salah satu rumah pelanggan, Fahri (34) di Tebet, Jakarta Selatan. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, wasaka.idPT PLN (Persero) siap menjalankan keputusan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menjaga tarif tenaga listrik bagi 13 golongan pelanggan non-subsidi tidak mengalami kenaikan atau tetap. Keputusan ini berlaku untuk tarif tenaga listrik di kuartal IV atau selama periode Oktober-Desember 2023.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu menyampaikan, pemerintah berkomitmen untuk tetap menjaga daya beli masyarakat dan daya saing sektor bisnis serta industri. Meski, berdasarkan perhitungan parameter ekonomi makro untuk periode kuartal IV 2023, tarif listrik seharusnya mengalami penyesuaian.

Keempat parameter tersebut adalah kurs sebesar Rp 14.927,54 per 1 USD, ICP sebesar 71,51 USD per barel, inflasi sebesar 0,15% dan Harga Batubara Acuan (HBA) sebesar 70 USD per ton.

“Berdasarkan empat parameter tersebut, seharusnya penyesuaian tarif tenaga listrik bagi pelanggan non-subsidi mengalami kenaikan dibandingkan dengan tarif pada kuartal III 2023. Akan tetapi, demi menjaga daya beli masyarakat dan daya saing industri saat ini, pemerintah memutuskan tarif tenaga listrik tidak mengalami perubahan atau tetap,” ungkapnya.

Baca Juga : PLN Goes to Campus, Sosialisasikan Kesehatan, Keselamatan Kerja ke Politeknik Negeri Banjarmasin

Jisman juga menegaskan bahwa tarif listrik untuk 25 golongan pelanggan bersubsidi tidak mengalami kenaikan. Subsidi listrik akan tetap diberikan untuk pelanggan sosial, rumah tangga miskin, bisnis kecil, industri kecil, dan pelanggan dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kementerian ESDM tetap mendorong PT PLN (Persero) agar selalu berupaya melakukan langkah-langkah efisiensi operasional dan memacu penjualan tenaga listrik secara lebih agresif,” tambah Jisman.

Baca Juga : Kurangi Emisi Karbon, PLN Jajaki Penerapan Teknologi CCS Pada Pembangkit

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap menjalankan keputusan pemerintah terkait tarif tenaga listrik untuk kuartal IV 2023. Lebih lanjut, PLN berkomitmen untuk menyediakan pasokan listrik yang andal bagi seluruh masyarakat dan sektor bisnis hingga industri di tanah air yang sedang tumbuh.

“Kehadiran listrik sangat penting bagi pergerakan roda ekonomi. Kami terus memastikan pelanggan dapat terus memperoleh listrik yang andal dan berkualitas,” ujar Darmawan.

General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro menyampaikan PLN berkomitmen untuk terus melakukan efisiensi dan menyediakan listrik yang andal serta terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat. Mengingat listrik merupakan unsur penting untuk meningkatkan produktivitas industri dan masyarakat secara umum.

“Dengan ketetapan tarif ini, PLN siap terus memenuhi kebutuhan pelanggan dengan kualitas pasokan listrik yang andal dan layanan yang prima serta memberikan berbagai solusi terkait bisnis PLN seperti penyediaan produk green energy melalui Renewable Energy Certificate sehingga daya saing pelanggan mampu bersaing di kancah global,” ungkap Salam.

Untuk rincian tarif tenaga listrik di kuartal IV atau selama periode Oktober-Desember 2023 dapat dilihat melalui _link_ https://web.pln.co.id/pelanggan/tarif-tenaga-listrik/tariff-adjustment.(bon)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Barito Putera Datangan Striker Anyar, Lini Serang Diharapkan Makin Tajam
Suasana bazar dan pasar murah yang di halaman balai kota Banjarmasin yang diserbu warga. (Foto : Istimewa)

Uncategorized

Bahan Pokok Jadi Primadona di Bazar dan Pasar Murah Balai Kota

Uncategorized

Jelang Idul Fitri 1444H, PLN Pastikan Kelistrikan Kalimantan Barat Andal

Uncategorized

Aklamasi, Gusti Iskandar kembali Pimpin PMI Kalsel

Uncategorized

Gubernur Kalsel Lepas Personil Tagana Bantu Penangan Pasca Gempa Cianjur

Uncategorized

Partai Golkar Banjarmasin Siapkan Haji Yuni Calon Walikota

Uncategorized

PENGUMUMAN

Uncategorized

PENGUMUMAN