Home / Advertorial / Kotabaru

Rabu, 5 Juli 2023 - 09:36 WIB

Perpustakaan di Kotabaru Diharapkan Lebih Maju dan Mencerdaskan Masyarakat

Foto bersama Dispersip Kalsel dan Dispersip Kotabaru usai melaksnakan pembinaan perpustakaan. (Foto : Istimewa)

Foto bersama Dispersip Kalsel dan Dispersip Kotabaru usai melaksnakan pembinaan perpustakaan. (Foto : Istimewa)

KOTABARU, wasaka.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kotabaru dan Dispersip Provinsi Kalsel gelar bimtek pembinaan perpustakaan yang berlangsung di Aula Dispersip Kotabaru, Selasa (4/7).

Kabid Perpustakaan Zulkifli menyampaikan terima kasih kepada Dispersip Kalsel yang sudah membantu pada pola pembinaan perpustakaan yang tersebar di seluruh kecamatan, desa, sekolah yang ada di Kotabaru.

Selain itu ia juga menyampaikan tidak menutup kemungkinan ini akan mendapat perhatian dari pemerintah provinsi sehingga bisa mendongkarak dari kendala-kendala yang harus dibenahi.

“Langkah kedepan kita tidak terlalu sulit untuk program. Walaupun dengan kerterbatasan yang ada, tetap kami mendorong untuk kemandirian untuk perpustakaan itu sendiri, baik melalui desa maupun sekolah,” beber Zulkifli.

Baca Juga : Wakil Bupati Kotabaru Sampaikan Sambutan di HUT Bhayangkara ke-77

Sementara disampaikan Kabid Pembinaan dan Pelayanan Pepustakaan Dispersip Kalsel, Wildan Akhyar, Dispersip Kalsel membuat pengelolaan perpustakaan yang ada di Kotabaru lebih profesional lagi, lebih maksimal serta lebih update tentang keilmuan perpustakaan yang ada.

“Tentunya dengan pengelolaan perpustakaan yang maksimal diharapkan perpustakaan yang dikelola tersebut akan semakin banyak diminati oleh masyarakat untuk didatangi,” ucapnya.

Baca Juga : Bupati Kotabaru Dinobatkan Sebagai Bapak Badan Permusyawaratan Desa

Bahkan kata dia, institusi yang disebut perpustakaan kelembagaan perpustakaan tersebut itu arahnya akan menuju ke akreditasi, kelengkapan, insprastruktur.

Sehingga menurut Wildan, kelengkapan buku itu perlu dilengkapi dan bagaimana dengan pengelola perpustakaan bila dikerjakan secara profesional dan maksimal. Hal ini tentu akan mengararah untuk di sertifikasi

“Juga diharapkan perpustakaan yang di kelola menjadi lebih menarik untuk di datangi, bagaimanapun juga perpustakaan itu adalah ujung-ujungnya membuat masyarakat bisa semakin banyak berhadir di perpustakaan dan alhamdulillah di Kotabaru khususnya tentang indeks pembangunan literasi masyarakat tahun lalu se Kalsel adalah kabupaten yang tertinggi,” jelasnya.

Baca Juga : Sekdakab Kotabaru Lepas Rombongan 236 Jemaah Haji

Pihaknya juga berharap tahun ini tetap di pertahankan dan mendorong kabupaten dan kota yang lain itu untuk bisa sama dengan kabupaten Kotabaru.

“Alhamdulillah secara umum Kotabaru gerakan perpustakaannya sudah semakin bagus, tapi tentunya jangan senang dlu, karena kita harus tetap mempertahankan itu dan didorong lagi akan terus naik lagi. Kami juga mendorong kabupaten dan kota yang lain yang masih belum maksimal supaya lebih maksimalm,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini sebagai narasumber adalah Hj. Arbayah, H. Muhammad dari Provinsi Kalsel dan dihadiri oleh Perpustakaan desa, perpustakaan sekolah & perguruan tinggi.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Sahbirin Noor Resmi Buka Kejuaraan Uncle Hard Enduro 2022

Advertorial

Bupati Kotabaru kembali Salurkan Bantuan Sosial kepada Masyarakat Kurang Mampu

Advertorial

Apel Gelar Pasukan operasi Mantap Brata, Ketua DPRD Balangan Tekankan Keamanan

Advertorial

Wabup Kotabaru Membuka Muscab Perdana HMI Kotabaru-Tanah Bumbu

Advertorial

Harlah Pancasila, Jadi momentum Menjaga Persatuan

Advertorial

Sambut HLN ke-78, PLN Bedah Rumah Dhuafa di Banjarbaru

Advertorial

Lebaran 2023 Konsumsi Listrik PLN Naik, Beban Puncak Kelistrikan di Daerah Mengalami Pertumbuhan

Advertorial

Siaga KTT ASEAN, Dirut PLN Kawal Langsung Sistem Kelistrikan Lewat Command Center di Labuan Bajo