Home / Advertorial / PLN

Rabu, 22 November 2023 - 14:09 WIB

Tingkatkan Keandalan Listrik Industri, PLN Terapkan Skema Pertahanan Sistem Berlapis

General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam memantau kesiapan defense scheme RCC 1 UP2B Kalimantan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto : Istimewa)

General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam memantau kesiapan defense scheme RCC 1 UP2B Kalimantan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto : Istimewa)

BANJARBARU, wasaka.idPT PLN (Persero) menerapkan skema pertahanan sistem atau Defence Scheme untuk memastikan pasokan listrik ke pelanggan Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) terjamin keandalannya. Defence Scheme telah diterapkan pada dua pelanggan industri di Kalimantan Selatan yaitu PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) dan PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) sejak September 2023.

General Manager PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan, Abdul Salam Nganro menjelaskan PT ITP telah memanfaatkan tenaga listrik sebesar 142 juta kWh dan PT SILO sebesar 14juta kWh terhitung pada paruh awal tahun 2023.

“Kami menyadari pentingnya keandalan pasokan listrik untuk mendorong pertumbuhan industry di Kalimantan Selatan,” ungkap Salam.

Baca Juga : Terbanyak di Asia Tenggara! PLN Resmikan 21 Unit Green Hydrogen Plant, Mampu Produksi Hingga 199 Ton Hidrogen Per Tahun

Oleh karena itu, Salam mengungkapkan pentingnya penerapan defence scheme untuk menjaga keseimbangan suplai pasokan dan kebutuhan pelanggan ketika sistem kelistrikan mengalami gangguan.

“Kami dapat meminimalisir resiko padam meluas ke pelanggan dengan sistem digitalisasi menggunakan logic yang telah diatur dalam Defence Scheme” jelas Salam.

Baca Juga : Ungguli Perusahaan Energi se-Asia, PLN Sukses Borong 5 Penghargaan Bergengsi dari Enlit Asia

Salam menuturkan sistem digital menggunakan logic yang bekerja pada Defence Scheme mengatur buka tutup jalur yang aman untuk menyalurkan tenaga listrik dari pembangkit hingga ke pelanggan

Baca Juga : Di Hadapan Ratusan Mahasiswa, GM PLN Paparkan Strategi PLN Jaga Keandalan Listrik Kalimantan

Selain itu juga sangat diperlukan kolaborasi dan koordinasi dari hulu hingga ke hilir. Berawal dari ketersediaan daya pasok dari pembangkit listrik hingga ketersediaan jalur penyaluran yang aman dari gangguan agar tenaga listrik tetap sampai ke pelanggan.(bon)

Share :

Baca Juga

Wakil Ketua I DPRD Balangan M Ifdali melaksanakan kegiatan reses di Desa Baru Panyambaran, Kecamatan Halong. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Reses di Desa Baru Panyambaran, Wakil Rakyat Balangan Ini Banyak Serap Aspirasi

Advertorial

Program Elektrifikasi Pertanian PLN Raih Penghargaan Nusantara CSR Award

Advertorial

Golkar Kalsel Laksanakan Ibadah Kurban, Supian HK: Idul Adha Momen Kebersamaan dan Saling Menghormati

Advertorial

Go Digital! PLN Laksanakan Pemeliharaan Gardu Induk Dengan Safety Online

Advertorial

PLN Siagakan Seluruh Personil untuk Keandalan Pasokan Listrik dalam Pergantian Tahun di Kalimantan Timur

Advertorial

DPRD Balangan Setujui Raperda Pajak dan Retribusi Daerah

Advertorial

Puskesmas Kelumpang Selatan Diresmikan, Bupati Kotabaru: Tingkatkan Kinerja dengan Disiplin Tinggi
Anggota DPRD Balangan, Syamsudinor melaksanakan reses di Desa Sungai Katapi Kecamatan Paringin untuk menyerap aspirasi masyarakat. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Syamsudinor Berjuang untuk Kesejahteraan Masyarakat