Home / Advertorial / Kotabaru / News

Selasa, 10 Januari 2023 - 20:48 WIB

Uji Coba Pengembangan Pariwisata di Kotabaru, Tim Unitomo Takjub Melihat Keindahan Desa Rampa Berkah

Tim Universitas DR Soetomo Surabaya foto bersama dengan jajaran Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertanahan Kotabaru. (Foto : Istimewa)

Tim Universitas DR Soetomo Surabaya foto bersama dengan jajaran Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertanahan Kotabaru. (Foto : Istimewa)

KOTABARU, wasaka.id – Tim Universitas DR Soetomo Surabaya melakukan monitoring dan uji kelayakan pengembangan pariwisata di Desa Rampa Berkah yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, Selasa (10/1).

Pada kegiatan ini Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertanahan Kotabaru memaparkan tentang Desaku di Desa Rampa berkah dengan harapan menjadi desa mandiri dan mengucapkan selamat datang kepada tim Universitas Dr Soetomo.

Sementara itu, Rektor Universitas DR Soetomo Dr. Siti Marwiyah, SH, MH menyampaikan, Desa Rampa Berkah ini manarik untuk diteliti potensi dengan konsep masyarakatnya.

“Desa rampa berkah ini menarik untuk dijadikan bahan penelitian bagi para dosen DR Soetomo Surabaya,” tutur Siti Marwiyah.

Baca Juga : Bupati Kotabaru Hadiri Hadiri Aruh Adat Pemujaan Gua Temuluang

Ia juga menyampaikan melalui pengembangan wisatanya melalui konsep masyarakat yang memang asli, serta dimodifikasi adanya sisi berbeda dengan banyak melibatkan masyarakat.

“Seperti ketika anak-anak di dunia luar cenderung bermain hp, tetapi disini berbeda dimana kita lihat mereka lebih bermain ke alam. Seperti yang kita harapkan anak-anak melek akan teknologi tetapi dengan kehidupan alam yang tetap harus jalan,” ungkap Rektor Universitas DR Soetomo Surabaya.

Baca Juga : Bupati Kotabaru Sambut Kunjungan Direktur Utama Bank Kalsel

Selain itu, Rektor Universitas DR Soetomo Surabaya juga mengungkapkan, Kabupaten Kotabaru banyak memiliki potensi wisata yang nantinya bisa menjadi tempat wisata unggulan di IKN.

“Menurut saya, ini merupakan langkah luar biasa yang dilakukan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, karena Kotabaru ini punya sumber daya alam yang sangat luar biasa,” katanya.

Bahkan kata dia, berpotensi di bidang pariwisata yang tidak dimiliki wilayah lain, apalagi nanti Kotabaru menjadi penyanggah IKN dan banyak investor masuk.

Baca Juga : Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Launching Dapur Sehat Atasi Stunting

Sehingga semakin dikembangkan lagi dan tidak kalah dengan keindahan Bali, karena potensi alamnya yang luar biasa dan memiliki ciri khas dan keunikan dengan kondisi sosial masyarakatnya yang masih terjaga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Risa Ahyani mengungkapkan, Rektor bersama pemilik yayasan datang ke Kotabaru untuk melakukan uji pengembangan wisata.

“Rektor bersama pemilik yayasan datang ke Kotabaru untuk melihat bagaimana pengelolaan pariwisata salah satunya di Desa Rampa Berkah ini,” ucap Plt.Kadisparpora Kotabaru.

Selain itu ditambahkannya, Desa Rampa ini memiliki ciri tersendiri serta keunikannya yang perlu dikembangkan.

“Dimana Desa Rampa ini memiliki ciri khas tersendiri seperti budayanya ada seni musik tradisional, ketangkasan dan tarian. Selain itu, Desa Rampa itu pemukiman dan mata pencahariannya bisa kita kembangkan menjadi salah satu destinasi budaya,” imbuhnya.

Diakhir kegiatan Tim Universitas Dr Soetomo memberikan cenderamata kepada Plt. Kadis Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertanahan Kotabaru dan Camat Pulau Laut Utara.

Kemudian dilanjutkan dengan menikmanti suasana Desa Rampa Berkah sambil bermain dengan anak-anak sekitar dan belajar tarian khas suku Bajau Kotabaru.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pembukaan Raimuna Cabang Tahun 2023, Fatma Idiana: Bekal Menjadi Generasi Penerus Bangsa yang Hebat

Advertorial

Eksekutif dan Legislatif Sepakati APBD Tahun 2023

News

Lapas Narkotika Karang Intan Raih Terbaik Pertama Publikasi Kalapas Menyapa
Kegiatan 1000 Manusia Bercerita, sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan mental Perwira Pertamina. (Foto: Istimewa)

Berita Terkini

Pertamina dan Kementerian BUMN Gelar Program 1.000 Manusia Bercerita

Advertorial

Lauching Logo Harjad ke-73, Bupati Ajak Masyarakat Bersama Membangun Kotabaru

Advertorial

Ahsani Fauzan Berharap Atlet Balangan Sukses Berlaga Hingga Mengumpulkan Medali di Popda Kalsel

Banjarmasin

10 Jam Dicari, Warga Batola Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai Martapura

Advertorial

Festival Goa Lowo 2023 Resmi di Buka, Bang Arul: Gelorakan Agar Menjadi Magnet Wisatawan