Home / Advertorial / Kotabaru

Senin, 9 Januari 2023 - 09:00 WIB

Bupati Kotabaru Hadiri Hadiri Aruh Adat Pemujaan Gua Temuluang

Bupati Kabupaten Kotabaru, Sayed Jafar menghadiri acara aruh adat Pemujaan Gua Temuluang. (Foto : Istimewa)

Bupati Kabupaten Kotabaru, Sayed Jafar menghadiri acara aruh adat Pemujaan Gua Temuluang. (Foto : Istimewa)

KOTABARU, wasaka.id – Sudah menjadi agenda dan tradisi bagi warga Bangkalan Dayak Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru mengadakan acara aruh adat pemujaan Gua Temuluang sebagai bentuk rasa syukur masyarakat setempat atas hasil panen sarang burung walet.

Sekadar diketahui, acara aruh adat pemujaan Gua Temuluang ini dirayakan beragam oleh warga setempat yaitu, ada dua hari dengan pemotongan ayam, empat hari dengan pemotongan kambing, dan enam hari pemotongan kerbau.

Baca Juga : Kotabaru Terapkan Layanan Pengujian Kendaraan Bermotor, Bupati: Memberikan Jaminan Keselamatan Secara Teknis

Aruh adat pemujaan Gua Temuluang tahun ini dihadiri Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar didampingi Ketua PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana, dan Kepala SKPD, sekaligus melakukan pemotongan kerbau di halaman balai adat Bangkalan Dayak dan memberikan bantuan Rp20 juta, Minggu (8/1/).

Baca Juga : Kotabaru Siap Bersinergi dengan Polri Dalam Meningkatkan Stabilitas Sosial dan Kamtibnas

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyampaikan, pemerintah daerah sangat mendukung dengan adanya acara aruh adat pemujaan Goa Temuluang Desa Bangkalan Dayak.

Menurut Bupati Sayed Jafar, masyarakat setempat serius melestarikan adat istiadat peninggalan leluhur yang merupakan kekayaan budaya yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Baca Juga : Pemkab Kotabaru Lakukan Pemancangan Tiang Pengembangan Kawasan Wisata Siring Laut

Selain itu lanjut bupati, aruh adat pemujaan Gua Temuluang juga sebagai daya tarik pariwisata Kotabaru khususnya Desa Bangkalan Dayak, sehingga bisa menambah jumlah wisatawan datang ke Kotabaru jadi kedepannya harus dibenahi dan dikemas agar lebih menarik lagi.

“Bukan hanya pelestarian adat budaya saja namun juga sebagai daya tarik pariwisata khususnya di Desa Bangkalan Dayak ini,” tutur Bupati Kotabaru.

Ia, pun, berharap, partisipasi dan dukungan seluruh lapisan masyarakat khususnya warga adat dayak dalam melestarikan adat istiadat budaya yang telah diwariskan kepada kita.

Atas nama pemerintah daerah, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengucapkan terimakasih kepada lembaga adat Bangkalan Dayak yang sudah melestarikan kebudayaan dan adat istiadat masyarakat dayak sehingga dapat terus eksis.

Bupati juga mengajak, agar bersama sama Pemkab Kotabaru mendukung pembangunan daerah khususnya pemberdayaan, pelestarian, dan pengembangan adat dayak di Kotabaru.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Inisiatif Wakil Bupati Andi Rudi Latif, Imam dan Marbot Masjid Kotabaru Kini Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Advertorial

Ahsani Fauzan Berharap Atlet Balangan Sukses Berlaga Hingga Mengumpulkan Medali di Popda Kalsel

Advertorial

Ketua DPRD Balangan, Imbau Warga Agar Perhatikan Kelengkapan Sebelum Berkendara 

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Pimpin Rapat RAPBD Tentang Pembasahan APBD Tahun Anggaran 2024

Advertorial

Srikandi PLN Dukung Pelestarian Budaya Sulam Arguci Khas Kalsel

Advertorial

Akselerasi Teknologi dan Digitalisasi, PLN dan Huawei Resmikan Joint Innovation Center

Advertorial

Sri Huriyati Hadi Dukung Semarak Pemuda Bumi Sanggam
Satpolairud Polres Kotabaru Bersama Dinsos Kotabaru saat meminta keterangan ABK asal Semarang sebelum dipulangkan. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Satpolairud Polres Kotabaru Bersama Dinsos Pulangkan Delapan ABK Asal Semarang