Home / Advertorial / Kotabaru

Kamis, 30 November 2023 - 19:56 WIB

Wabup Kotabaru Saksikan Langsung Arahan Jokowi di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Kalsel

Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023 dan mendengarkan arahan dari Presiden Joko Widodo. (Foto : Istimewa)

Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023 dan mendengarkan arahan dari Presiden Joko Widodo. (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif mendengarkan arahan dari Presiden RI, Joko Widodo pada pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023 di Aula Pangeran Antasari Lantai 6, Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel Banjarmasin, (29/11).

Pertemuan tahunan Bank Indonesia ini diselenggarakan oleh seluruh satuan kerja Bank Indonesia serentak baik di pusat maupun di daerah, dengan mengambil tema, “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional”.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Bimo Epyanto mengatakan, ada dua tujuan utama pertemuan ini yaitu memaparkan pandangan BI Kalsel mengenai perkembangan perekonomian terkini dan arah kebijakan strategis yang akan ditempuh Bank Indonesia ke depan.

Baca Juga : Sekda Kotabaru Buka Workshop SDGs/TPB Berharap Tak Ada Lagi Kemiskinan

Kedua sebagai wahana apresiasi kepada seluruh stakeholders dan mitra strategis yang telah bersinergi dan bahu-membahu dalam mendukung pelaksanaan peran dan fungsi Bank Indonesia, khususnya di daerah.

Bimo berharap, apa yang dipaparkan nanti dapat menjadi acuan bagi pemangku kebijakan dalam proses perumusan maupun pengambilan keputusan dan kebijakan pembangunan ekonomi dan keuangan di Kalimantan Selatan.

“Selain itu, kami juga berharap agar sinergi dan kerjasama yang telah terjalin dengan sangat baik selama ini, dapat terus kita jaga demi mengakselerasi pertumbuhan perekonomian Kalimantan Selatan yang inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

Baca Juga : Wabup Bang Arul Bubuhkan Tandatangan Pemilu Damai 2024: Berikan Rasa Aman dan Nyaman Selama Pesta Demokrasi

Sedangkan dalam arahannya, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, disampaikan Plt. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Hj. Suparmi, mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur, merupakan peluang yang sungguh luar biasa bagi Kalsel untuk menjadi gerbang dan mitra IKN.

“Oleh karena itu, cita-cita kita menjadikan Kalimantan Selatan sebagai Gerbang Ibu Kota Nusantara perlu disiapkan sejak sekarang. Baik dari sisi produktivitas dan ketahanan pangan, kualitas sumber daya manusia, teknologi digital, adaptasi ekonomi hijau, hingga kelancaran distribusi,” urainya.

Suparmi menggambarkan produktivitas bidang ketahanan pangan melalui inovasi budidaya pertanian.

“Salah satu inovasi yang bisa kita perluas dan terapkan di seluruh daerah Kalsel adalah padi apung. Karena, inovasi padi apung cocok diterapkan di lahan rawa, sesuai dengan karakteristik lahan di Bumi Banua,” sambungnya.

Menyongsong tahun 2024, lanjut Suparmi, tantangan ke depan justru tidak akan lebih mudah. Di tingkat global, kita dihadapkan pada ekonomi global yang kian terfragmentasi sehingga meningkatkan risiko ketidakpastian. Selain itu, di tingkat nasional, kita juga dihadapkan pada pesta demokrasi yang berpotensi memberikan ketidakpastian bagi dunia usaha.

“Melalui sinergi dan koordinasi yang telah terjalin dengan erat selama ini, mesti kita jaga bahkan perkuat lagi. Dengan sinergi, insyaAllah kita optimis bisa memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi Bumi Banua,” pungkasnya.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Maknai Hari Ibu, KPPG Kalsel Apresiasi Perjuangan Wanita di Indonesia
Anggota Komisi I DPRD Balangan, Rusdin Barhiwan. (Foto : Istimewa/kalimantanlive.com)

Advertorial

Wakil Rakyat Balangan Ajak Milenial Siapkan Keahlian Menyambut IKN

Advertorial

Anggota Komisi II DPRD Balangan, Hadiri Acara Gelar Promosi Investasi dan UMKM Solo 2023

Advertorial

Anggota Komisi III DPRD Balangan Sosialisasikan Raperda Perlindungan Perempuan di Desa

Advertorial

Ajukan Pensiun, ASN di Kotabaru Cukup Ngurus Pemberkasan

Advertorial

Tim Verifikasi Germas Lakukan Penilaian di Kabupaten Kotabaru

Advertorial

Bupati Kotabaru Serahkan SK PPPK Tenaga Teknis Formasi Tahun 2022

Advertorial

Supian HK Sebut Soliditas Kunci Kemenangan Golkar di Kalsel