Home / Banjarmasin / Berita Terkini / LIFESTYLE / News / Partai Golkar

Kamis, 14 Maret 2024 - 18:48 WIB

Bang Hasnur Buka Kegiatan BISAFETS Dalam Rangka Melestarikan Seni dan Budaya di Banua

Kegiatan BISAFEST dengan tema Harmoni Seni Pertunjukan Budaya Banjar yang berlangsung di Hotel Tree Park Banjarmasin. (Foto : Istimewa)

Kegiatan BISAFEST dengan tema Harmoni Seni Pertunjukan Budaya Banjar yang berlangsung di Hotel Tree Park Banjarmasin. (Foto : Istimewa)

BANJARMASIN, wasaka.id – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, H Hasnuryadi Sulaiman membuka kegiatan BISAFEST dengan tema “Harmoni Seni Pertunjukan Budaya Banjar” di sebuah Hotel Tree Park Banjarmasin, Kamis (14/3/2024).

Kegiatan tersebut merupakan program kemitraan dari Komisi X DPR RI bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang dilaksanakan selama dua hari.

Bang Hasnur sapaan akrab Hasnuryadi Sulaiman yang merupakan tokoh muda asal Banua ini menyampaikan, kegiatan BISAFEST tersebut bertujuan untuk mengenalkan dan memberitahu generasi muda tentang budaya Banjar

“Masyarakat suku Banjar memiliki aneka ragam kesenian tradisional yang berkembang dan terus dilestarikan hingga saat ini,” ujarnya.

Menurut Bang Hasnur, kesenian tradisional memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat dan berbudaya.

Seperti di Kalsel kata dia, ada beberapa kesenian yang terus dilestarikan tapi masih banyak orang yang tidak mengetahuinya seperti tarian khas daerah, musik panting dan badudus.

“Oleh sebab itu, melalui kegiatan BISAFEST dengan teman “Harmoni Seni Pertunjukan Budaya Banjar” sebagai cara melestarikan dan memgembangkan budaya Banjar agar tetap ada dan lestari,” jelasnya.

Baca Juga : Bang Hasnur, Tokoh Muda yang Diminati Masyarakat Banua

“Sehingga kedepannya generasi kita dapat mengenal dan mengetahui budaya Banjar,” sambungnya.

Selain itu, kata Bang Hasnur saat ini Kalsel telah menjadi pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) baru dan sudah semestinya budaya Banjar juga harus terus di promosikan sehingga nantinya mampu atau menjadi magnet untuk menarik wisatawan berkunjung ke Banua.

Sehingga pemurnian kebudayaan di Kalsel juga terus dapat dilakukan yang tentunya juga memerlukan kerjasama seluruh pihak seperti para seniman dan budayawan.

Bang Hasnur berharap kegiatan seperti ini bisa dapat dimaknai yang tidak hanya para pelaku seni tapi juga untuk Banua tercinta dan pemerintah daerah sebagai upaya dalam mengembangkan seni budaya daerah sebagai suatu bagian yang mempunyai nilai seni dan nilai jual.

Bang Hasnur juga mengucapkan terima kasih kepada para pecinta seni Banua yang telah ikut serta dan berpartisipasi di kegiatan BISAFEST tersebut.

“Semoga melalui kegiatan ini, dapat terus meningkatkan kreativitas kesenian dan budaya kita, baik di kanca nasional maupun juga internasional,” tuturnya.

Baca Juga : Silaturahmi dengan Supoter Barito Putra di Sungai Jingah, Bang Hasnur: Masukan dan Kemajuan Tim

Diketahui, kegiatan dibuka dengan penampilan tari radap Rahayu dari Divisi tari sanggar At-Ta’dib.

Kemudian sambutan, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin yang diwakili Widya Pelissa. Dilanjutkan dengan sambutan Kemenparekraf/Baparekraf, Vicky Apriansyah bidang Analis Kebijakan Ahli Muda Direktorat Event Daerah dan Anggota Komisi X DPR RI H Hasnuryadi Sulaiman sekaligus secara resmi membuka kegiatan tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan, penampilan Pantomim dari sanggar At-Ta’dib, musik panting dari Grup Panting Nan Sarunai, Stand up Comedy Cupicupi-Doo dan penampilan Madihin Suanang Iyan.

Dalam kegiatan tersebut, juga mengadakan Talkshow dan diskusi tentang mengembangkan kearifan lokal melalui digitalisasi seni dan budaya di Kalimantan Selatan dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Y S Agus Suseno selaku seniman sastra Banjar dan Ahmad Yudi selaku seniman Taman Budaya.

Acara ditutup dengan tahlil dan buka puasa bersama oleh ustadz Chandra.(ran)

Share :

Baca Juga

Screnn Shoot video Ketua DPW PKB Kalsel yang menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran di Kabupaten Tanah Bumbu. (Video : Istimewa)

Banjarmasin

Mengejutkan, Ketua DPW PKB Kalsel Zairullah Azhar Dukung Pasangan Prabowo-Gibran

Banjarbaru

Ziarah ke TMP Bumi Kencana, MPW PP Kalsel Buktikan Rasa Cinta Terhadap Perjuangan Para Pahlawan

Berita Terkini

Pendaftaran Bacaleg dari Parpol Ditutup, KPU Mulai Verifikasi Administrasi Dokumen
Laga uji coba Timnas Indonesia menghadapai Timnas Libya berkesudahan 0-4. (Foto : PSSI/istimewa)

Bola & Sports

Uji Coba Lawan Libya, Timnas Indonesia Ditekuk 0-4

News

Buron 4 Bulan, Terduga Pelaku Penganiayaan Sales Berujung di Kantor Polisi

Bisnis

Menteri BUMN Menilai KTT ASEAN 2023 Jadi Bukti Indonesia Bisa Jadi Negara Maju

Advertorial

Eks Kapolda Kalsel dan Mantan Rektor ULM Resmi Gabung ke Partai Golkar

News

Pertamax Naik, Berikut Daftar Terbaru Harga BBM Per 1 Maret 2023