Home / Bola & Sports / News

Kamis, 29 Desember 2022 - 10:49 WIB

Lanjutan Piala AFF Grup A, Garuda Akan Menghadapi Gajah Perang

Pemain Timnas Witan Sulaeman saat berjibaku berebut bola dengan pemain Thailand di Piala AFF Tahun 2020. (Foto : AFF/net)

Pemain Timnas Witan Sulaeman saat berjibaku berebut bola dengan pemain Thailand di Piala AFF Tahun 2020. (Foto : AFF/net)

JAKARTA, wasaka.idRCTI kembali akan menyiarkan langsung lanjutan Piala AFF Grup A. Laga kali ini akan mempertemukan Timnas Indonesia yang berjuluk Garuda akan menghadapai Thailand si Gajah Perang, Kamis (29/12) pukul 16.30 Wita.

Dilaga sebelumnya, Timnas Indonesia, telah melakoni dua laga degan hasl yang mentereng setelah menaklukkan Kamboja 2-1 kemudian menghancurkan Brunei Darussalam 7-0.

Akan tetapi Timnas yang diracik oleh pelatih asal Korea, Shin Tae-yong akan menghadapi laga melawan Thailand. Pemenang laga ini akan keluar sebagai juara Grup A. Pasalnya, Indonesia dan Thailand pada saat ini sama-sama telah mengumpulkan enam poin dari kedua laga.

Baca Juga : Timnas Indoensia Berpeluang Besar Masuk ke Semi Final Piala AFF Meskipun Kalah dengan Thailand dan Filipina, Begini “Skenarionya”

Gajah Perang, julukan Timnas Thailand, unggul sedikit melalui selisih gol. Namun, itu tidaklah banyak, yaitu hanya satu gol.

Baca Juga : Pesta Gol ke Gawang Brunei, Timnas Indonesia Melesat ke Puncak Klasemen Sementara Piala AFF 2022

Sebelumnya, Thailand menghajar Brunei Darussalam 5-0 pada laga pembuka. Kemudian dengan skor 4-0 atas Filipina pada partai berikutnya, yang dimainkan Senin (26/12) lalu.

Begitu krusialnya laga ini, alenator Timnas Indonesia. Shin Tae-yong tentu akan menurunan skuad terbaiknya demi merebut kemenangan.

Telebih lagi, Tae-yong sudah mengistirahatkan sejumlah pilar utamanya saat menghadapi Brunei Darussalam. Tentunya hal ini dilakukan demi membuat para pemain tersebut dalam kondisi bugar saat elawan Thailand.

Shin Tae-yong pun diprediksi akan menggunakan formasi andalannya, 4-3-3. Di posisi penjaga gawang, pelatih asal Korea Selatan itu akan tetap mempercayakan Nadeo Argawinata.

Kemudian, di lini belakang, Tae-yong diprediksi akan menurunkan Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, dan Fachruddin Aryanto. Jordi Amat yang sudah diistirahatkan pada laga melawan Brunei pun bisa bekerja lebih tangguh lagi. Bahkan sosoknya, sudah diwaspadai betul oleh pelatih Thailand, Alexandre Polking.

Beralih ke lini tengah, Shin Tae-yong diprediksi memasang 3 pemain. Ada Marc Klok, Marselino Ferdinan, dan Ricky Kambuaya yang diyakini akan menjadi starter.

Marc Klok sendiri sukses bekerja gemilang di dua laga awal . Bahkan sudah mencetak 1 gol. Sementara Marselino Ferdinan, jadi pemain lainnya yang diwaspadai betul oleh Polking karena kualitasnya.

Di lini depan, Timnas Indonesia diyakini akan diperkuat 3 pemain. Mereka adalah Witan Sulaeman, Ilija Spaojevic, dan Egy Maulana Vikri.

Ketiga pemain tersebut diketahui sukses bekerja baik sejauh ini, sehingga semuanya sudah membukukan gol. Witan mencetak 1 gol yang menjadi penentu kemenangan melawan Kamboja.

Kemudian, Egy sudah membukukan 2 gol sejauh ini. Sementara Ilija Spaojevic baru saja melepas dahaga golnya di Timnas Indonesia saat melawan Brunei. Tak ayal, nama-nama di atas siap tampil lebih maksimal lagi demi menyumbang gol kepada Skuad Garuda.

Namun demikian, Garuda sendiri dibayang-bayangi catatan kurang apik kala melawan Thailand karena kerap menelan kekalahan. Teranyar, mereka kalah di final Piala AFF 2020 dengan agregat skor 2-6.

Sepanjang petemuan timnas kedua negara di semua ajang sebanyak 80 kali, hasilnya, tim Merah-Putih menang 25 kali, imbang 15 kali dan kalah 40 kali.

Head-to-head Indonesia vs Thailand 5 Laga Terakhir

Indonesia 2-4 Thailand — Piala AFF 2018
Indonesia 0-3 Thailand — Kualifikasi Piala Dunia 2022
Indonesia 2-2 Thailand — Kualifikasi Piala Dunia 2022
Indonesia 0-4 Thailand — Piala AFF 2020
Indonesia 2-2 Thailand — Piala AFF 2022.

Prediksi susunan pemain Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, Egy Maulana Vikri.(yud)

Sumber : bola.com

Share :

Baca Juga

Bola & Sports

Barito Putera Kalah di Kandang Melawan Bali United, Begini Penjelasana Dejan Antonic
Momen Presiden Jokowi bersama TNI dan Polri. (Foto : Istimewa)

Berita Terkini

Presiden Jokowi Teken SK Kenaikan Gaji Prajurit TNI-Polri

Advertorial

Bertanggung Jawab Atas Penanaman Modal, Direktur Perseroda PT Asa Baru Cipta Daya Lestari Diberhentikan

Bola & Sports

Laga Perdana Timnas Indonesia Tumbang dengan Irak 1-3

Nasional

KPK Jamin Hak Asupan Tahanan Selama Ramadan, Siapkan Makan Sahur hingga Berbuka

Advertorial

Fun Bike Bupati Kotabaru Disaksikan Ribuan Masyarakat

Advertorial

Wujudkan Misi Investasi, Presiden Jokowi Saksikan Kesepakatan Kerja Sama PLN dengan 9 Perusahaan di ICBF China 2023

Advertorial

Lanjutkan Safari Ramadan, Bupati Kotabaru Serahkan Bantuan di Kecamatan Pulau Laut Sigam