Home / Advertorial / Kotabaru / Religi

Selasa, 13 Juni 2023 - 09:41 WIB

Pemda dan Kemenag Kotabaru Rapat Mantapkan Keberangkatan Haji 1444 H/2023 M

Pemda dan Kemenang Kotabaru rapat bahas peningkatan pelayanan ibadah haji tahun 2023. (Foto : Istimewa)

Pemda dan Kemenang Kotabaru rapat bahas peningkatan pelayanan ibadah haji tahun 2023. (Foto : Istimewa)

KOTABARU, wasaka.id – Guna memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada para calon jemaah haji tahun 1444 H/2023 M, Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru menggelar rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan ibadah haji untuk tahun 2023, yang berlangsung di Oproom Setda Kotabaru, Senin (12/6/2023).

Kegiatan ini bertujuan menyusun langkah-langkah strategis dalam memastikan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan ibadah haji 1444 H/2023 M. Pada rapat tersebut, dibahas sejumlah agenda penting terkait persiapan keberangkatan haji, termasuk pengaturan jadwal keberangkatan, kepulangan, pengelolaan transportasi, akomodasi, kesehatan dan aspek logistik lainnya.

Rapat gabungan tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Kotabaru Said Akhmad, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Kotabaru, Kepala Kemenang Kotabaru H. Akhmad Kamal, serta diikuti semua panitia yang terlibat dalam pelaksanaan keberangkatan jemaah haji Kotabaru.

Baca Juga : Wakil Bupati Kotabaru Sambut Kasdam VI Mulawarman Dalam Rangka Penutupan TMMD ke 116

Dalam kesempatan tersebut, Said Akhmad dalam memimpin rapat pemantapan rencana keberangkatan jemaah haji 1444 H/2023 M, mengajak seluruh panitia dan petugas haji agar mampu memberikan layanan yang terbaik.

“Pemerintah Daerah menyiapkan dalam rangka untuk memberikan pelayanan terbaik dalam memberangkatkan dan bagaimana nanti calon jamaah haji sampai embarkasi aman dan sehat, selain itu juga meminta kepada Dinas Kesehatan untuk memberikan penambahan supleme untuk meningkatkan imun, dan keberangkatan haji ini adalah panggilan Allah,” ungkap Sekda Kotabaru.

Baca Juga : Saijaan Expo 2023 Resmi Ditutup dan Mampu Tingkatkan Ekonomi Kotabaru

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kotabaru memaparkan beberapa hal terkait kesiapan, terutama mengenai jumlah Jama’ah haji yakni sebanyak 233 calon jemaah haji dan calon jemaah apabila terjadi penambahan kuota.

“Mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kotabaru yang terus memberikan fasilitas terbaik untuk para calon jama’ah haji dalam mendampingi dari daerah sampai di embarkasi Banjarmasin, untuk tambahan jemaah haji tahun ini, alhamdulillah setelah 233, mendapat lagi tambahan 3 orang yang masuk dalam kloter 18 dan akan berangkat lebih dahulu,” Jelas Kepala Kemenag Kotabaru.

Baca Juga : Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru Sambut Kedatangan Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono

Perlu diketahui, tahun ini Kabupaten Kotabaru akan memberangkatkan 233 jemaah haji yang didominasi oleh jemaah lansia dengan usia rata-rata diatas 65 tahun masuk dalam kloter 14 yang dijadwalkan akan berangkat ketanah suci melalui embarkasi Provinsi Kalimantan Selatan Banjarbaru pada hari Jumat tanggal 16 Juni 2023. Dan dalam setiap kloter juga terdapat petugas kloter yang terdiri dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, Dokter, tenaga medis dan Petugas Haji Daerah.

Adapun untuk armada keberangkatan menggunakan 9 bus yang akan dilepas dari Mesjid Agung Khusnul Khotimah pada pukul 17.00 Wita pada tanggal 15 Juni 2023.

Dan terkait dengan rekayasa lalu lintas akan di handle oleh Polres dan Dishub, serta selama jamaah dalam perjalanan dari Kotabaru menuju Banjarbaru sepenuhnya akan dikawal dari Polres, Dishub dan Satpol PP Kotatabaru.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Apresiasi Pemkab Balangan Fokus Tingkatkan Pemenuhan Infrastruktur dan Ekonomi Dalam Musrenbang RKPD

Advertorial

AMPG dan KPPG Harus Bersinergi Menangkan Partai Golkar di Pemilu 2024

Advertorial

TPID Kota Banjarmasin Teken MoU dengan Brebes, Disperdaging Siapkan 15 Event Pasar Murah

Advertorial

Raih Untung Tiga Kali Lipat, Gapoktan Kayuh Baimbai Binaan PLN Jadi Tujuan Benchmark Pemerintah Mancanegara

Advertorial

Inspire Your Dream, PLN Sebarkan Inspirasi Menerangi Negeri

Advertorial

Peringati Hari Pramuka ke 62, Kwarcab Balangan Gelar Upacara, Ka Sri Huryati: Pramuka Wadah Mengasah Kemampuan

Advertorial

Keberhasilan Transformasi dan Inovasi Digital Pelayanan Pelanggan PLN Meraih 2 Penghargaan Internasional
Dinas Kesehatan Kotabaru menggelar penyuluhan DBD guna mengingatkan masyarakat memutus mata-rantai penularan DBD. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Cegah DBD, Dinkes Kotabaru Gelar Penyuluhan di Desa Sebelimbingan