Home / Advertorial / Kotabaru

Rabu, 9 Agustus 2023 - 19:03 WIB

Tim Penilai Provinsi Kalsel Lakukan Penilaian ke Posyandu Asoka

Tim penilai Posyandu dari Provinsi Kalsel saat mengunjungi Posyandu Asoka. (Foto : Istimewa)

Tim penilai Posyandu dari Provinsi Kalsel saat mengunjungi Posyandu Asoka. (Foto : Istimewa)

KOTABARU, wasaka.id – Camat Pulaulaut Tengah, Helmi Rahmadi menyambut baik kedatangan Tim Penilai Posyandu dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) saat berkunjung ke Kabupaten Kotabaru.

Diketahui tim penilai dari Provinsi Kalsel tersebut melaukan penilaian dan Pembinaan terhadap Posyandu yang ada di Kabupaten Kotabaru, di Kecamatan Pulau Laut Tengah Desa Sunggup Kanan Rabu, (9/8).

Camat Pulaulaut Tengah juga mengapresiasi Kader Posyandu, yang mana Kabupaten Kotabaru dalam Penilaian diwakili Posyandu Asoka Desa Sunggup Kanan.

Dalam penilaian ini, masing-masing lintas Sektor SKPD terkait melakukan penilaian terhadap beberapa aspek yang ada didalam Posyandu, diantarnya pendaftaran Posyandu, penimbangan dan pengukuran, pencatatan, penyuluhan, pelayanan kesehatan, ketahanan pangan, peningkatan ekonomi keluarga, serta inovasi Posyandu.

“Selamat datang di Kecamatan Pulaulaut Tengah yang merupakan Pintu Gerbang Kabupaten Kotabaru dan merasa bangga serta memberikan apresiasi kepada kader Posyandu Asoka Desa Sunggup Kanan dengan harapan adanya lomba ini dapat memberikan motivasi kepada kader dalam meningkatkan posyandu,” ungkap Helmi Rahmadi.

Baca Juga : Ramah Tamah dan Pisah Sambut Danlanal Kotabaru, Andi Rudi Latif: Kerjasama Sudah Kita Bangun

Sementara itu, Pembina Pokjanal Posyandu Kabupaten Kotabaru Hj Yulianti Zairina mengharapkan, semoga Posyandu Asoka dapat penilaian yang terbaik dari Tim Penilai Provinsi Kalimantan Selatan.

“Mudah-mudahan apa yang dinilai Tim Penilai Provinsi Kalimantan Selatan, posyandu kita bisa menjadi posyandu yang terbaik dengan harapan datang kembali ke Kotabaru untuk berwisata,” bebernya.

Baca Juga : Atas Karhutla Pemkab Kotabaru Gelar Rakor

Perlu diketahui, Posyandu sendiri mempunyai peran sebagai ujung tombak penggerakan dan pelayanan kesehatan masyarakat dengan melalui posyandu dapat mengatasi permasalahan kesehatan di desa diantaranya seperti, kesehatan ibu hamil, kesehatan ibu dan anak, Keluarga Berencana (KB), imunisasi dan stunting maupun kesehatan lainnya.

Kegiatan lomba ini untuk meningkatkan pembinaan Posyandu dan kader Posyandu secara terpadu serta mengevaluasi pelaksanaan perkembangan Posyandu .

Perwakilan tim penilai dari Provinsi Kalsel, Rusmiani mengatakan, tujuan datang ke Kotabaru untuk melakukan penilaian dan pembinaan terhadap Posyandu dan kader Posyandu Asoka yang sudah terintegrasi.

“Melakukan penilaian dan pembinaan dengan harapan kami, Posyandu Asoka Desa Sunggup Kanan di Kecamatan Pulaulaut Tengah sudah bagus yang sudah dievaluasi beberapa Tim Penilai dan Posyandunya sudah terintegrasi, yaitu dimana ketika posyandu dibuka semua masyarakat datang untuk melakukan pemeriksaan dasar kesehatan,” ungkap Rusmiani.

Baca Juga : Wakil Bupati Kotabaru Berhadir Pada Penutupan MTQ Tingkat Proivinsi di Banjarbaru

Sedangkan Tim penilai lainnya dari Dinas Kesehatan Provinsi kalsel, Yulianti menyampaikan, penilaian tahun depan agar dipersiapkan lebih jauh hari atau mulai sekarang.

“Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ibu dan anak,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sunggup Kanan Rafi’i mengharapkan, Posyandu Asoka menjadi yang terbaik.

Sedangkan dari Bidan Posyandu Asoka Desa Sunggup Kanan Gusma menyampaikan, dengan adanya tim penilai ini mudah-mudahan Posyandu Asoka bisa menjadi lebih baik lagi dan bisa menjadi contoh desa lainnya.

“Serta memberikan penghargaan bagi penyelenggara posyandu dan kinerja kader lainnya,” tandasnya.(rud)

Share :

Baca Juga

Advertorial

UMKM Pucuk Galam Liang Anggang Gali Ilmu Produk Olahan Bahan Dasar Jagung di Kalampangan
Pemkab Kotabaru menyambut baik kunjungan kerja dari rombongan DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) di ruang rapat Pemkab Kotabaru. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Kotabaru Terima Kunjungan Kerja Wakil Rakyat Kutai Kartanegara
Bupati Balangan Hadiri Rapat Paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Balangan Tahun Anggaran (TA) 2023. (Foto : Istimewa)

Advertorial

Bupati Balangan Hadiri Rapat Paripurna: SDM Masih Jadi Kendala

Advertorial

Ketua DPRD Balangan Sampaikan Dukungan Program Daurah Ilmiah Ulama Bisa Cetak Ulama Daerah

Advertorial

Biaya Haji Disepakati Rata-rata Rp90 Juta, Menag Ingatkan Keberlangsungan Nilai Manfaat

Advertorial

Jelang KTT G20, Menko Luhut Resmikan PLTS Terapung Milik PLN di Nusa Dua Bali

Advertorial

PLN Tingkatkan Keandalan Listrik di Kalbar Jelang Imlek dan Cap Go Meh 2023

Advertorial

Wabup Kotabaru Bantu Jemaah Haji Tertua Kloter 14 Saat Naik ke Bis